Rabu, 1 Mei 2024

Liga Inggris: MU Imbang Tanpa Gol, Arsenal Nyaman di Puncak Klasemen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Aksi Odegaard Kapten Arsenal berduel dengan Sasa Lukic gelandang Fulham, Minggu (12/3/2023). Foto: Reuters

Arsenal berhasil meraih poin penuh di kandang Fulham setelah menang meyakinkan 3 gol tanpa balas dalam lanjutan pekan ke-27 Liga Inggris di Craven Cottage, London, Minggu (12/3/2023) malam WIB.

Tiga gol The Gunners seluruhnya terjadi di babak pertama masing-masing dicetak oleh Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli dan Martin Odegaard.

Kemenangan ini membuat Arsenal tetap berada di puncak klasemen dengan keunggulan lima poin atas Manchester City. Skuad asuhan Mikel Arteta itu mengoleksi 66 poin dari 27 pertandingan. Sedangkan Fulhan tetap berada di urutan delapan dengan 39 poin.

Melansir Antara, Arsenal mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal. Namun, pertahanan Fulham mampu meredam dominasi Arsenal.

Pada menit ke-16, Arsenal sempat mencetak gol, melalui gol bunuh diri Antonee Robinson. Tapi gol itu dianulir VAR karena Martinelli terperangkap offside.

Tak berselang lama, Arsenal berhasil mencetak gol melalui heading Gabriel Magalhaes memanfaatkan tendangan sudut Leandro Trossard di menit ke-21.

Lima menit kemudian, keunggulan Arsenal bertambah setelah umpan silang Trossard berhasil dituntaskan Martinelli melalui tandukannya. Arsenal unggul 2-0.

Peluang demi peluang berhasil diciptakan Arsenal, namun tidak satu pun yang berhasil menembus gawang Fulham. Namun sebelum babak pertama usai, Arsenal berhasil memperlebar skor setelah Odegaard berhasil menyelesaikan peluang di dalam kotak penalti Fulham memanfaatkan umpan Trossard. Babak pertama usai dengan skor 3-0.

Fulham mencoba mengejar ketertinggalan di babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan. Namun, tak satu pun peluang-peluang yang didapatkan Fulham menjadi gol. Hingga pertandingan usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Arsenal menang 3-0 atas tim sekota mereka.

Aksi berebut bola Lisandro Martinez (kanan) dengan Che Adams (tengah), saat MU menghadapi Southampton, Minggu (12/3/2023). Foto: Reuters

Di pertandingan lain di waktu yang sama, Manchester United ditahan imbang Southampton tanpa gol di  Stadion Old Trafford.

Kedua tim tampil menekan, dengan MU mencatatkan 10 peluang dan empat diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Southampton melepaskan 17 tembakan dan hanya empat yang tepat sasaran.

Pertandingan ini juga diwarnai kartu merah Casemiro jelang akhir babak pertama.

Hasil ini tidak mengubah posisi MU di klasemen sementara. Skuat asuhan Erik ten Hag itu tetap menempati peringkat ketiga dengan 50 poin, terpaut 11 poin dari Manchester City (ke-2) dan 16 poin dari Arsenal yang memuncaki klasemen.

Manchester United langsung tancap gas sejak pertandingan dimulai. Meski demikian, beberapa peluang yang mereka dapatkan masih gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Southampton mengancam pada menit ke-10. Namun, tendangan Kyle Walker-Peters masih bisa digagalkan kiper David de Gea.

Lima menit kemudian, MU membalas lewat tendangan Marcus Rashford dari jarak dekat, tetapi belum bisa melewati penjaga gawang Southampton, Gavin Bazunu.

Southampton mendapatkan dua peluang pada menit ke-23 melalui Tendangan Carlos Alcaraz dan percobaan Theo Walcott, namun masih bisa digagalkan David de Gea.

MU harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-34 setelah Casemiro melakukan pelanggaran keras terhadap Carlos Alcaraz. Awalnya wasit memberikan kartu kuning, tetapi VAR mengubahnya menjadi kartu merah.

Bermain dengan 10 orang membuat intensitas serangan MU menurun. Babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Kelebihan jumlah pemain dimanfaatkan Southampton untuk mengancam MU. Namun, sejumlah peluang mereka masih bisa dimentahkan lini pertahanan tim tuan rumah.

MU juga mencoba untuk mencetak gol pembuka. Tapi peluang-peluang yang tercipta menemui kebuntuan

Tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Skor 0-0 pun menjadi hasil akhir laga.(ant/ihz/iss)

 

Berita Terkait

Liverpool Keok dari Tim Juru Kunci Liga Inggris


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs