Minggu, 28 April 2024

Manchester City Sukses Sabet Gelar Piala Dunia Antar Klub usai Hajar Fluminense 4-0

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kyle Walker pemain Manchester City (tengah) mengangkat tropi bersama rekannya setelah timnya berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub 2023 seusai laga final melawan Fluminense di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi​​​​​​​, Sabtu (23/12/2023). Foto: Sky News

Manchester City sukses memenangkan gelar juara Piala Dunia antar Klub FIFA, seusai menghajar Fluminense dengan skor 4-0 pada partai final di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.

Julian Alvarez penyerang muda City tampil gemilang pada pertandingan ini dengan dua kali membobol gawang Fluminense, serta memberikan satu assist.

Selain itu, dua gol Manchester City hadir melalui gol bunuh diri Nino bek Fluminense dan tendangan Phil Foden gelandang asal Inggris.

Ini merupakan gelar Piala Dunia antar Klub FIFA pertama untuk Manchester City, sekaligus melengkapi torehan trofi mereka menjadi lima pada tahun ini setelah sebelumnya menjuarai Liga Inggris 2022/23, Piala FA 2022/23, Liga Champions 2022/23 dan Piala Super UEFA 2023.

Melansir Antara, secara statistik Manchester City unggul dibanding Fluminense dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola serta melepaskan total 15 tendangan, yang delapan di antaranya tepat sasaran.

City mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan berhasil unggul cepat pada menit ke-1 lewat gol Julian Alvarez.

Berawal dari bola muntah tendangan Nathan Ake yang terkena tiang gawang, bola dapat disambar Alvarez sehingga skor berubah menjadi 1-0.

The Citizen sukses menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah umpan Phil Foden gagal dihalau dengan baik oleh bek Fluminense, yang berujung gol bunuh diri.

Pesta gol City terus berlanjut pada babak kedua, tepatnya pada menit 72 setelah umpan Alvarez dapat dikonversikan menjadi gol oleh Phil Foden, sehingga skor berubah menjadi 3-0.

Alvarez melengkapi kemenangan City menjadi 4-0 pada menit 88 setelah umpan Matheus Nunes, dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan pemain asal Argentina tersebut. Skor 4-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Sementara itu, pada pertandingan perebutan tempat ketiga, Al-Ahly wakil Afrika sukses keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Urawa Red Diamonds wakil Asia.

Bermain di Stadion Prince Abdullah Al-Faisal, Jeddah, Jumat (22/12/2023) waktu setempat, Al-Ahly sukses mengamankan kemenangan dengan skor 4-2.

Kemenangan Al-Ahly ini lahir berkat gol-gol yang dicetak oleh Yasser Ibrahim, Percy Tau, Yoshio Koizumi (bd) dan Ali Maaloul, sedangkan Urawa Red sempat menyamakan kedudukan lewat Jose Kante dan Alexander Scholz. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs