Sabtu, 4 Mei 2024

Mario Aji Pertahankan Kepercayaan Diri Jelang Moto3 di Catalunya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mario Aji, Moto3, Catalunya MotoGP, 1 September 2023. Foto: Antara

Mario Suryo Aji Pebalap Indonesia (Honda Team Asia) mengaku ingin terus mempertahankan kepercayaan diri yang ia dapatkan usai melakoni sesi latihan bebas jelang balapan utama Moto3 Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (1/9/2023).

“Pada FP1, kepercayaan diri saya relatif tinggi. Saya tetap percaya diri meskipun saya memutuskan untuk membandingkan pilihan ban satu dengan lainnya, tapi akhirnya tidak berhasil Saya juga perlu meningkatkan gaya berkendara, terutama saat keluar Tikungan 4,” ujar Mario dilansir Antara, Sabtu (2/9/2023).

Adapun Mario finis P16 dengan catatan waktu lap terbaiknya 1 menit 49,514. Ia menyampaikan, dirinya belajar dari sesi pertama dan memperbaikinya di sesi kedua, walaupun cuaca terik dan suhu yang panas cukup menantang bagi pembalap kelahiran Madiun, Jawa Timur, itu.

“Di FP2, suhu aspal meningkat pesat, dan saya merasa kurang nyaman dengan kondisi ban. Namun pada akhirnya, saya berusaha sekuat tenaga, dan dengan ban baru, saya menemukan kecepatan yang baik. Saya senang dengan pekerjaan yang dilakukan tim saya,” ungkap Mario.

Di sisi lain, Honda Team Asia mencapai pencapaian tertinggi dengan Taiyo Furusato finis di posisi ke-12, sementara Tatchakorn Buasri, yang berkompetisi sebagai wildcard, finis jauh di belakang di posisi ke-28, namun ia berupaya maksimal untuk mengambil peluang ini sebagai kesempatan untuk terus belajar.

“Saya terkejut dengan perasaan baik saya (di atas motor) pada hari pertama di Catalunya. Tentu saja, ada beberapa sektor yang perlu saya tingkatkan, tapi menurut saya, jika saya melanjutkan kemajuan ini besok pagi, target untuk berada di Q2 lebih dari mungkin,” ujar Furusato.

“Dibandingkan dengan balapan GP Junior, saya sudah melangkah lebih jauh pada hari pertama ini di Catalunya. Saya senang karena saya biasanya kesulitan untuk menjadi cepat pada hari pertama saya,” tambah Buasri.

Di sisi lain, Hiroshi Aoyama Manajer Tim Honda Asia melihat ketiga pebalapnya memiliki awal yang cukup baik.

“Secara signifikan, Mario, yang menunjukkan putaran yang kuat, mengalami kemajuan pesat. Furusato telah meningkat pesat dari sesi pagi hingga sore. Ia mengatakan masih ada ruang untuk berkembang. Perkembangan Tatchakorn pada siang hari juga bagus, dengan opsi yang jelas untuk ditingkatkan lagi,” ungkap Aoyama. (ant/bnt/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs