Minggu, 19 Mei 2024

Menang 3-0 Kontra Filipina, Indra Sjafri: Semua Pemain Timnas Berkontribusi 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Beckham Putra, gelandang timnas Indonesia U-22 mengontrol bola pada pertandingan Grup A SEA Game's 2023 melawan Filipina, yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). Foto: PSSI

Indra Sjafri pelatih Tim Nasional Indonesia U-22 bersyukur atas keberhasilan anak-anak asuhnya memenangi laga perdana di Grup A SEA Games 2023 dengan skor 3-0 kontra Filipina.

Setelah memecah kebuntuan melalui gol Marselino Ferdinan pada menit ke-46, Timnas Indonesia sempat kesulitan mematahkan pertahanan lawan. Bahkan kapten Rizky Ridho gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna pada babak kedua.

Garuda Muda baru berhasil memperbesar keunggulan melalui gol-gol yang tercipta menjelang laga usai. Gol kedua Indonesia dibukukan Irfan Jauhari pada menit ke-90, sedangkan gol ketiga Indonesia dicetak Fajar Fathur Rahman pada menit ke-92.

“Pertandingan yang berat dan anak-anak di babak pertama belum bisa mengembangkan permainan. Tetapi mereka dari menit ke menit berkembang, dan di babak kedua mereka mulai bisa bermain lebih baik,” kata Indra pada konferensi pers yang berlangsung di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2024)

Soal kegagalan Ridho mengeksekusi penalti, pelatih Indra menilai sang pemain tidak boleh disalahkan. Termasuk para pemain yang membuang sejumlah peluang bagus untuk memperbesar keunggulan Indonesia.

“Saya juga tidak akan menyalahkan personel pemain. Karena bagaimanapun setiap pemain telah memiliki kontribusi yang baik terhadap pertandingan ini. Sehingga, kami bisa menang 3-0,” tambah pria yang pernah membawa timnas memenangi medali perak SEA Games 2019 itu, seperti dilansir Antara.

Sekarang, Indra menyatakan belum akan melakukan evaluasi permainan tim secara menyeluruh karena masih menunggu laporan lengkap yang objektif dari tim analis performa untuk menilai permainan anak-anak asuhnya. Laporan itu, kata Indra, baru akan didapat besok.

Berkat kemenangan tersebut, Tim Indonesia berada di urutan kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin. Kamboja jadi pemuncak grup sementara berkat kemenangnan 4-0 atas Timor Leste.

Berikutnya Garuda Muda akan ditantang oleh Myanmar pada 4 Mei.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs