Sabtu, 27 April 2024

Novak Djokovic Tutup Tahun sebagai Petenis Ranking Satu Dunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aksi Novak Djokovic saat melawan Grigor Dimitrov di putaran ketiga Australia Open pada 21 Januari 2023. Foto: Reuters

Novak Djokovic memastikan menutup tahun sebagai petenis peringkat satu dunia untuk kedelapan kalinya setelah menang 7-6 (7/4), 6-7 (1-7), 6-3 atas Holger Rune pada pertandingan pertamanya di ATP Finals, Minggu (12/11/2023).

Juara Grand Slam 24 kali itu hanya memerlukan satu kemenangan atau rivalnya Carlos Alcaraz menderita kekalahan untuk mengamankan posisi puncak dalam daftar peringkat tenis ATP 2023. Ia pun tidak melakukan kesalahan pada pertandingan Grup Hijau saat melawan petenis debutan Rune, demikian dikutip dari AFP.

Djokovic yang memiliki catatan 19 kemenangan beruntun memenangi tiga Grand Slam untuk menjadi pemilik gelar utama terbanyak sepanjang masa.

Melansir dari Antara, petenis 36 tahun itu menuju ATP Finals di Turin, Italia, setelah memenangi Paris Masters. Keberhasilan Djokovic di Paris Masters merupakan kemenangan ke-40nya di ajang Masters 100.

Sebanyak dua pencapaian itu adalah rekor lain yang dapat ditambahkan dalam daftar panjang pencapaian milik Djokovic. Ia kini mengincar gelar Masters ketujuh yang akan membuatnya mengungguli catatan milik Roger Federer yang telah pensiun.

Pada Senin (13/11/2023), Alcaraz melakukan debutnya di ATP Finals di Grup Merah dengan menghadapi Alexandre Zverev. Zverev merupakan unggulan kedua sekaligus pesaing terdekat Djokovic.

Sayangnya Alcaraz yang merupakan juara Wimbledon tampil kurang konsisten sejak dikalahkan petenis kualifikasi Roman Safiullin, setelah ia sempat absen bermain karena cedera.

Petenis Spanyol itu tidak bermain sejak Shanghai Masters pada awal Oktober akibat cedera punggung dan kaki kiri. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs