Jumat, 19 April 2024

OCA Tawari Atlet Rusia dan Belarusia Berkompetisi di Asia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan

International Olympic Committee (IOC) pada Rabu (25/1/2023) mengatakan, the Olympic Council of Asia (OCA) telah menawarkan kesempatan kepada atlet Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di Asia.

IOC dalam pernyataannya menyambut dan menghargai tawaran dari OCA untuk memberi atlet Rusia dan Belarusia akses ke kompetisi Asia. Kompetisi tersebut salah satunya adalah kualifikasi Olimpiade.

Sebelumnya, atlet Rusia dan Belarusia tidak dapat bersaing di Eropa karena berbagai larangan dan pembatasan yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

IOC sangat ingin memasukkan atlet Rusia dan Belarusia sebagai tim netral di Olimpiade Paris 2024, yang berarti kedua negara tersebut akan berkompetisi di bawah bendera Olimpiade.

“Tidak boleh ada atlet yang dilarang bertanding hanya karena paspor mereka,” terang IOC dilansir dari Reuters.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, banyak badan olahraga telah menangguhkan tim atau atlet Rusia, diikuti sponsor yang memutuskan mengakhiri kontrak sebagai bentuk protes terhadap perang.

Kualifikasi Oliampiade Paris 2024 di beberapa cabang olahraga telah dimulai dan banyak kualifikasi yang akan diberlangsungkan sepanjang tahun 2023.

Sebanyak 32 cabang olahraga akan dikompetisikan di Olimpiade 2024 dengan sekitar 10.500 atlet akan ditetapkan lolos melalui ratusan kompetisi kontinental dan internasional. (ihz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs