Senin, 27 Mei 2024

PBESI Kucurkan Bonus untuk Peraih Medali SEA Games Kamboja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bambang Sunarwibowo Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) , berfoto bersama atlet-atlet Mobile Legends: Bang-Bang Putri peraih emas SEA Games Kamboja 2023 dalam acara penyerahan bonus di kantor PB ESI, Jakarta, Minggu (20/8/2023). Foto: Antara

Bambang Sunarwibowo Pengurus Besar esports Indonesia (PBESI) memberikan penghargaan berupa bonus kepada para atlet yang berhasil meraih prestasi gemilang menjadi juara umum cabang olahraga e-sports dalam SEA Games ke-32 di Kamboja.

Melansir Antara, Indonesia diketahui berhasil menjadi yang terbaik dalam cabang olahraga e-sport di Asia Tenggara pada perhelatan tersebut, setelah meraih emas melalui MLBB Putri, PUBGM beregu, dan Valorant.

Selain itu, Indonesia juga meraih dua perak melalui Alan Raynold Kumaseh atlet PUBGM perseorangan dan CrossFire.

“Pada kejuaraan multievent SEA Games Kamboja, 53 atlet dan ofisial di mana pada ajang tersebut timnas mengikuti enam dari sembilan nomor yang dipertandingkan. Setelah mengikuti rangkaian pertandingan timnas meraih tiga medali dan dua perak,” kata Tjahjono Prasetyanto Ketua Badan Tim Nasional untuk SEA Games ke-32 dalam acara penyerahan bonus di Jakarta, Minggu (20/8/2023).

“Dengan perolehan medali tersebut, Indonesia menjadi juara umum gelaran SEA Games Kamboja. Kami sangat bersyukur dan merasa bangga atas pencapaian atlet-atlet timnas e-sport Indonesia,” imbuhnya.

Sementara Bambang Sunarwibowo Ketua Harian PBESI juga meluapkan rasa bangga atas capaian tim nasional e-sport Indonesia atas prestasi level internasional itu.

“Prestasi tersebut tentunya sangat berarti dalam menguatkan reputasi esports Indonesia setelah sebelumnya di penghujung tahun 2022 timnas e-sport Indonesia juga meraih gelar juara umum pada kejuaraan e-sport dunia ke-14 ‘IESF World E-Sports Championships’ yang berlangsung di Bali,” ujar Bambang.

Menurutnya, bonus ini adalah tanda apresiasi dari PBESI kepada para atlet yang telah berjuang serta memberikan kemampuan terbaiknya untuk bangsa dan negara.

Selain itu, pandangan bahwa masa depan atlet e-sport tidak pasti kini telah terbantahkan. Pasalnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah membuka peluang bagi para atlet e-sport yang berhasil meraih medali emas di SEA Games ke-32 Kamboja 2023 untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Kesempatan positif ini merupakan bukti nyata bahwa e-sport dapat menjadi salah satu pintu untuk meningkatkan kesejahteraan atlet. Seperti mendapat jaminan pekerjaan dan jaminan ketika mereka purna tugas,” ungkapnya.

Adapun total bonus yang diterima oleh para peraih medali SEA Games Kamboja 2023 adalah Rp4.102.500.000. Rinciannya, kepada para atlet peraih medali emas sebesar Rp3.264.000.000, sementara para peraih medali perak mendapatkan total bonus Rp838.500.000. (ant/dvn/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs