Jumat, 17 Mei 2024

Pembukaan SEA Games Kamboja, Indonesia Bawa Misi Budaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Raja Sapta Oktohari Ketua KOI (NOC Indonesia) saat memberi keterangan mengenai sanksi WADA, Jumat (8/10/2021). Foto: Komite Olimpiade Indonesia

Dalam ajang seremonial pembukaan SEA Games ke-32/2023 di Kamboja, Jumat (5/5/2023) malam, selain semangat sportivitas, Indonesia secara khusus juga akan membawa misi budaya, persahabatan, dan solidaritas. Hal itu disampaikan Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia).

“Untuk pembukaan nanti, CdM (Chef de Mission) Indonesia untuk SEA Games Kamboja, Lexyndo Hakim dan teman-teman CdM NOC (National Olympic Commitee) Indonesia akan membawa misi budaya. Jadi semua yang tampil akan menggunakan baju yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Termasuk saya, Ketua NOC akan menggunakan baju Bali, sama seperti flag bearer kita,” kata Okto di Phnom Penh, Jumat (5/5/2023), melansir Antara.

Pemilihan baju adat Bali sebagai sorotan, menurut Okto, ditujukan sebagai teaser atau pengingat, bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) Bali yang akan digelar 5-12 Agustus mendatang.

“Pada Agustus nanti kami akan menjadi tuan rumah World Beach Games. Itu adalah kegiatan yang akan menjadi legacy untuk Indonesia,” kata dia.

Ditambahkan Okto, misi budaya dan keberagaman menjadi nilai penting yang mencerminkan Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara.

“Indonesia dengan keberagaman kita, itu membuat kita menjadi bangsa yang kuat. Kita merupakan negara terbesar di Asia Tenggara. Kita menunjukkan kekerabatan, solidaritas, sekaligus menunjukkan, ini lho budaya Indonesia. Kita juga mendukung persahabatan di Asia Tenggara dan mudah-mudahan akan meningkatkan kekerabatan serta mendorong prestasi olahraga kita. Kekerabatan boleh dibangun dengan segala macam model. Bisa melalui budaya sampai olahraga,” pungkas Okto.(zan/dfn/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
27o
Kurs