Kamis, 30 Mei 2024

PB ESI Siapkan Bonus Rp5 Miliar untuk Atlet Esport Peraih Medali SEA Games

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Tim nasional esport Indonesia nomor Mobile Legends: Bang Bang menerima medali perak SEA Games ke-31 usai kalah dari Filipina dalam laga final di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Foto: PBESI

Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) menyiapkan bonus sebesar Rp5 miliar kepada atlet esport Indonesia yang berhasil meraih medali di SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei mendatang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Bambang Sunarwibowo Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) saat ditemui awak media seusai melepaskan 38 tim esport Indonesia untuk SEA Games 2023 di kantor PB ESI, Rabu (3/5/2023).

“Jadi kalau bonus sudah pasti disiapkan PB ESI karena SEA Games yang lalu kita siapkan bonus untuk atlet yang memperoleh medali,” kata Bambang.

“Kami persiapkan sekitar Rp5 miliar.” tambahnya dilansir dari Antara.

Di edisi SEA Games 2021 Vietnam, PB ESI memberikan total bonus kepada peraih medali sebesar Rp3.8 miliar. Angka tersebut terbagi dari Rp2.25 miliar untuk peraih medali emas, Rp1.23 miliar untuk peraih medali perak, dan 335 juta untuk peraih medali perunggu.

Sementara itu, untuk edisi SEA Games 2023, Bambang tidak menyebutkan secara detail perihal nominal bonus untuk masing-masing calon peraih medali emas, perak, dan perunggu.

“Saya tidak menghitung detailnya. Kira-kira disiapkan oleh ketua umum kami menyiapkan nilainya sebesar berapa,” ucap Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang menjelaskan persiapan pelatnas timnas esport menuju SEA Games sudah sangat baik.

Diketahui, timnas esport Indonesia telah melakukan pelatnas sejak 6 Februari lalu bertempat di Apartemen Belleza, Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Pria berusia 56 tahun itu mengaku optimistis tim esport Tanah Air dapat meraih minimal empat emas dan juga menargetkan juara umum esport di ajang pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

“Kita optimis bahwa pada pertandingan SEA Games esport Kamboja ini bisa kita akan memperoleh dari enam nomor yang dipertandingkan minimal bisa memperoleh empat emas. Kita harapkan kita bisa tingkatkan dengan menjadi juara umum,” kata Bambang.

Indonesia akan mengikuti enam nomor pertandingan dari sembilan nomor yang tersedia untuk cabang olahraga esport di SEA Games 2023.

Keenam nomor itu adalah Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Pria, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Wanita, Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) Solo, Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) Team, Crossfire, dan Valorant.

Dalam SEA Games ke-32 ini, Indonesia menargetkan meraih empat emas, tiga perak, satu perunggu, dan menjadi juara umum.

Di edisi SEA Games 2021, tim esport Indonesia membawa pulang dua medali emas, tiga perak, satu perunggu, dan menempati posisi kedua klasemen akhir perolehan medali cabang olahraga esport.(ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
29o
Kurs