Jumat, 17 Mei 2024

Pemkot Surabaya Berencana Menyulap Stadion GBT Jadi Mirip Anfield

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), pada Sabtu (15/10/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana mendandani Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) supaya mirip Stadion Anfield yang ada di Kota Liverpool, Inggris.

Rencana itu akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Surabaya dengan Kedutaan Besar Inggris.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, MoU program Sister City khususnya Kota Surabaya dengan Kota Liverpool di Inggris salah satunya akan fokus mengadopsi stadion.

“Kerja sama nanti di MoU bagaimana di stadion Inggris ada MU, khususnya di Liverpool akan saya terapkan di GBT. Dengan MoU dengan Sister City,” ujarnya saat menerima kedatangan Owen John Jenkins Duta Besar Inggris, di Balai Kota Surabaya, Rabu (21/6/2023).

Menurut Eri, Rencana mempercantik Stadion GBT sudah digaungkan beberapa waktu lalu. Tujuannya, supaya Stadion GBT jadi salah satu destinasi wisata olahraga.

“Stadion ini bisa menjadi tempat, wisata tourism, bisa berputar di dalam stadion. Ada merchandise, stadion tidak hanya untuk waktu pertandingan. Jadi, ketika orang datang ke Surabaya, sama dengan ketika orang datang ke Liverpool, Madrid, dia pasti akan masuk stadion dulu, lihat stadion seperti ini. GBT sudah termasuk stadion internasional. Maka akan jadi kebangaan Kota Surabaya. Akan kami jadikan wisata sehingga orang akan datang ke GBT,” bebernya.

Sejauh ini, Eri belum menjelaskan detail teknis interior yang akan diubah untuk menyerupai Stadion Anfield.

Selain soal GBT, MoU nantinya juga akan bekerja sama terkait kawasan Dolly yang dulu sebagai lokasi prostitusi, lalu kini menjadi salah satu pusat perekonomian di Surabaya.

“Ada beberap titik. Di Dolly, yang memang kita kolaborasikan Sister City dengan Liverpool. Dan saya memang melakukan evaluasi terkait Sister City. Karena saya berharap Sister City yang dilakukan Kota Surabaya semuanya bisa seperti Surabaya dikenal seperti Liverpool. Ada hal nyata yang bermanfaat untuk kepentingan umat,” tambahnya.

Sementara itu, Owen John Jenkins Duta Besar Inggris untuk Indonesia berharap meski masa jabatannya hampir usai, program kerja sama Sister City Liverpool dengan Surabaya bisa terus berlanjut.

“Saya mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya untuk semua kolaborasi yang kerja sama selama empat tahun, saya di Indonesia. Saya berharap walau pun tugas saya di Indonesia hampir selesai bahwa hubungan sangat penting dan hubungan sangat erat ini akan berlanjut dan akan menjadi lebih erat,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Stadion Anfield merupakan salah satu stadion terbaik di dunia. Tribun di Anfield yang bernama Stand Kop merupakan stand tingkat tunggal terbesar di dunia. Stadion itu mampu menampung 53.394 penonton. (lta/saf)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs