Jumat, 29 Maret 2024

Perbasi Jaga Tradisi Kirim Pebasket Muda ke Ajang BWB

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Marcell Syahlevi Putra dari divisi putra (kiri) dan Jessylne Jaya Wiyanto dari kategori putri (kanan) yang mewakili Indonesia mengikuti "Basketball Without Borders Asia Camp 2023" di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto: Istimewa

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) mengirim dua pemain muda untuk mengikuti “Basketball Without Borders Asia Camp 2023” di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Mereka yang mewakili Indonesia adalah Marcell Syahlevi Putra dari divisi putra dan Jessylne Jaya Wiyanto dari kategori putri.

Mereka berhak mengikuti Program JR NBA Asia itu setelah lolos seleksi mengalahkan sembilan nama yang dikirimkan PP PERBASI, terdiri dari lima putra dan empat putri, sesuai persyaratan JR NBA Asia pada 2 Mei lalu.

Dua pemain muda yang ditunjuk tersebut kemudian dinyatakan lolos mengikuti Basketball Without Borders (BWB) Asia ke-13. Mereka bergabung dengan para pemain basket muda berbakat dari 20 negara pada 2-5 Juni 2023.

“Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi Perbasi dengan konsisten bisa mengirimkan pemain muda terbaiknya mengikuti Basketball Without Borders yang kali ini dilaksanakan di Abu Dhabi,” ujar Nirmala Dewi Sekjen PP Perbasi dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (2/6/2023).

Pada Agustus tahun lalu, Perbasi mengirim tiga pemain muda berbakat ke BWB edisi ke-12 yang berlangsung di Australia. Mereka adalah Angelica Jenifer Candra, Deewell Windy Gosal, dan Vanissa Renata Siregar.

Sebelumnya, pada edisi 2019, juga ada tiga pebasket muda yaitu Hendrick Xavi Yonga didampingi Ryan Ayu Ardhany, dan Jaselyn Angelique Aritonang dua pebasket putri. Sementara pada 2018 ada satu orang, Sebastian Darryl yang terpilih ikut Program BWB.

Tahun ini, BWB berlangsung di kampus New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pesertanya sebanyak 40 pemain laki-laki dan perempuan dari Asia dan Timur Tengah.

Selama ikut program, mereka menerima pelatihan dari beberapa pemain, mantan pemain, hingga pelatih NBA.

“Kami sangat senang menyambut pelaksanaan Basketball Without Border untuk kali pertama di Abu Dhabi. Ini akan menjadi panggung bagi pemain pilihan dari Asia dan Oceania menunjukkan kemampuannya,” kata Zoran Radovic FIBA National Federation and Sport Director.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs