Jumat, 17 Mei 2024

Pesepak Bola Muda Indonesia Didorong untuk Berkarier di Luar Negeri

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Arkhan Kaka (bawah) menjadi salah satu penggawa Timnas U-17 yang tampil moncer di Piala Dunia U-17 2023. Kini ia menjadi target sejumlah tim luar negeri. Foto: LOC WCU17/NFL

Radja Nainggolan mantan penggawa AS Roma dan Inter Milan mendorong pemain muda Indonesia untuk berani berkarier di luar negeri.

Menurut pemain keturunan Indonesia berpaspor Belgia itu, para pemain muda harus berani meninggalkan zona nyaman. Salah satunya dengan pergi dari Indonesia untuk berkarier di luar negeri.

“Jika ingin memiliki karier yang baik, tentu saja harus pindah ke tempat yang baru,” ucap gelandang pengangkut air tersebut.

Menurut Radja Nainggolan, berkarier di luar negeri tak hanya mendapat pengalaman yang baru, melainkan juga untuk mengasah mental.

Eropa tentu menjadi tujuan utama jika ingin berkarier di luar negeri. Namun, tidak ada salahnya jika mencoba kompetisi di Asia.

“Jadi tergantung pada mimpi masing-masing. Jika ingin menjadi bintang di dalam negeri, bisa fokus berkarier di dalam negeri,” katanya.

“Tetapi, jika ingin menjadi bintang yang sesungguhnya, tidak hanya di Asia, kalian harus pindah. Karena jika tidak, hal tersebut akan menjadi sangat sulit,” terang pemain 35 tahun itu. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs