Minggu, 28 April 2024

Prancis Pastikan Satu Tempat di Euro usai Kalahkan Belanda

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kylian Mbappe (kiri) bersama Denzel Dumfries (kanan) dalam pertandingan kualifikasi EURO 2024, di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (14/10/2023) dini hari. Foto: Reuters

Timnas Prancis memastikan satu tempat di ajang Euro 2024 usai menang 2-1 atas Belanda, pada pertandingan kualifikasi Grup B di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (14/10/2023) dini hari.

Kemenangan Prancis hadir berkat dwi gol Kylian Mbappe, sedangkan Belanda hanya mampu membalas lewat satu-satunya gol Quilindschy Hartman.

Kini Prancis menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup B Kualifikasi Euro 2024 dengan torehan 18 poin dari enam pertandingan.

Sementara Belanda, harus turun ke posisi ketiga dengan koleksi sembilan poin dari lima laga, karena di waktu yang sama Yunani mampu mengalahkan Irlandia dengan skor 2-0.

Melansir Antara, pada pertandingan ini Prancis sedikit lebih unggul dibandingkan Belanda dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola, dan melepaskan total 15 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Laga baru berjalan tujuh menit, Prancis sukses mencuri keunggulan. Berawal dari umpan silang Jonathan Clauss, bola dapat disambar oleh tendangan voli Kylian Mbappe yang membobol gawang Belanda sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tim tuan rumah baru bisa menciptakan peluang 20 menit berselang, melalui tendangan keras Joey Veerman, akan tetapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Prancis.

Pertandingan berjalan semakin sengit karena kedua tim bermain terbuka, baik Belanda serta Prancis memiliki peluang untuk mencetak gol. Namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Belanda langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang melalui tendangan Donyell Malen, yang masih tertahan oleh lini pertahanan Prancis.

Tak berselang lama, Prancis sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 53 berkat gol kedua Mbappe, setelah sebelumnya melakukan permainan satu dua dengan Adrien Rabiot.

Belanda langsung merespon ketertinggalan dua gol ini dan sempat membobol gawang Prancis melalui sundulan Malen, namun gol dianulir wasit karena Nathan Ake yang mengirimkan umpan lebih dulu berada di posisi offside.

Skuad asuhan Ronald Koeman akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit 83 melalui gol yang dicetak oleh Hartman, setelah kolaborasi ciamiknya dengan Steven Bergwijn. Skor berubah menjadi 1-2, tim tamu tetap unggul.

Prancis merespon gol dari Belanda dan berusaha untuk kembali memperlebar jarak skor melalui tendangan keras Mbappe yang masih membentur mistar gawang Belanda.

Pada sisa waktu pertandingan, Belanda terus berupaya untuk mencari gol penyeimbang, namun hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Prancis tetap bertahan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs