Minggu, 16 Juni 2024

Presiden FIFA Sebut Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Mohammed bin Salman Putra Mahkota Arab Saudi dalam pertemuan dengan Gianni Infantino Presiden FIFA di Jeddah. Foto: SPA

Gianni Infantino Presiden FIFA mengumumkan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal tersebut disampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

“Pertunjukan terbesar di bumi akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat pada 2026. Dua edisi FIFA World Cup berikutnya diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan perayaan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay dan Uruguay) pada 2030 dan Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034,” tulis Infantino.

Arab Saudi merupakan kandidat tunggal tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal ini setelah sejumlah negara yang pada awalnya akan mencalonkan diri, memutuskan untuk mundur.

Indonesia termasuk salah satu negara yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Selain itu, Australia juga ikut mengajukan diri. Namun, kedua negara ini memutuskan untuk mundur dari bursa pencalonan.

“Proses bidding telah disetujui melalui konsensus oleh Dewan FIFA -di mana keenam konfederasi yang diwakili- setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif. Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini,” tulis Infantino.

Dengan demikian, Arab Saudi akan menjadi negara Asia keempat yang menyelenggarakan Piala Dunia. Event ini singgah di Jepang dan Korea Selatan pada 2002. Kemudian berlangsung di Qatar pada 2022. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs