Jumat, 26 April 2024

PSSI Targetkan Timnas Indonesia Lolos Penyisihan Grup di Piala Dunia U-20

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI. Foto: PSSI

Erick Thohir Ketua Umum (Ketum) PSSI menargetkan timnas sepak bola U-20 lolos babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 yang bakal berlangsung di enam kota/kabupaten di Indonesia pada 20 Mei 2023–11 Juni 2023.

“(Target) tanya Coach Shin Tae-yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup,” kata Erick Thohir selepas meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Minggu (12/3/2023).

Dilansir Antara, ia menyampaikan saat ini dua tiket wakil Asia berhasil didapatkan Uzbekistan dan Irak.

“Yang sekarang lolos AFC (Piala Asia U-20) untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, timnas U-20 Indonesia di Piala Asia U-20 mampu menahan imbang tuan rumah Uzbekistan 0-0, tetapi sempat kalah 2-0 atas Irak.

“Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Syria (Suriah) menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak, tinggal satu lagi kita tunggu,” kata dia.

Ia pun optimistis timnas sepak bola U-20 Indonesia dapat mengukir prestasi di kompetisi sepak bola tingkat dunia selama ada persiapan yang konsisten dan matang.

“Artinya, kalau kita mau mempersiapkan timnas kita seserius mungkin, ya kita bikin TC (pemusatan latihan) jangka panjang. Kita bisa lebih baik. Ini harus saling menyatu programnya,” kata Erick Thohir.

Indra Sjafri Direktur Teknik PSSI minggu lalu (8/3/2023) menilai timnas U-20 menunjukkan perbaikan performa terutama setelah mereka melakoni tiga pertandingan Grup A Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

“Saya melihat ada peningkatan kualitas dari pertandingan pertama, kedua dan ketiga,” kata Indra di Jakarta minggu lalu.

Indonesia tersingkir di Piala Asia U-20 setelah kalah selisih gol (-1) dari peringkat kedua Irak (+1), meskipun dua tim sama-sama mengantongi 4 poin dari tiga laga. Irak lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Indra juga menyampaikan, sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 mendatang, timnas akan menjalanai Training Camp di Korea Selatan.

“Awalnya pelatih Shin Tae-Yong meminta TC di Belanda. Namun, diubah ke Korea Selatan. Alasan spesifiknya saya tidak tahu, tetapi situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana,” kata Indra Sjafri.

Saat ini sudah ada 20 dari 24 negara yang telah memastikan akan bertanding di Piala Dunia U-20 Indonesia, yakni Indonesia selaku tuan rumah. Kemudian, 4 negara dari zona CONCACAF yaitu Republik Dominika, Guatemala, Honduras, dan Amerika Serikat.

Selanjutnya, ada 5 negara zona UEFA yaitu Inggris, Peracis, Israel, Italia. Lalu, masing-masing 4 negara dari zona CONMEBOL dan CAF, yakni Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, serta Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

Kemudian, satu negara dari zona OFC (Oceania) yaitu Selandia Baru.

Tahapan pengundian (official drawing) fase grup Piala Dunia U-20 akan dilangsungkan di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023.

“Kita berdoa kocokannya (pengundiannya) bagus, timnas di grup yang bagus,” kata Ketum PSSI.

Tahapan pengundian (official drawing) Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023.

“Kita berdoa kocokannya (pengundiannya, red.) bagus, timnas di grup yang bagus,” kata Ketum PSSI.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs