Jumat, 26 April 2024

PSSI Usulkan 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola, Hormati Korban Kanjuruhan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI memberikan pidato pembukaan Kongres Biasa PSSI 2023 yang dihadiri 87 pemilik suara (voter), di salah satu hotel di Jakarta, Minggu (15/1/2023). Foto: Antara

Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI mengatakan pihaknya mengusulkan tanggal 1 Oktober untuk ditetapkan sebagai hari libur bagi semua aktivitas sepak bola nasional, termasuk pertandingan maupun turnamen demi menghormati korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Sebagai respons dan keseriusan PSSI menanggapi tragedi Kanjuruhan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi hari libur sepak bola Indonesia. Mudah-mudahan semua yang hadir di sini menyepakatinya,” ujar Iwan Bule sapaan akrabnya dalam pidato di Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu (15/1/2023) seperti dilansir Antara.

Menurut Iriawan, Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 dan menewaskan 135 orang serta melukai ratusan lainnya menimbulkan luka mendalam bagi PSSI dan dirinya pribadi. Dia menyebut bahwa semua korban peristiwa berdarah itu adalah pahlawan sepak bola.

“Mereka semua adalah pahlawan. Sepak bola tanpa penonton seperti sayur tanpa garam. Dukungan penonton selalu luar biasa,” tutur Iriawan.

Purnawirawan polisi bintang tiga itu pun berharap, jika 1 Oktober disahkan menjadi hari libur sepak bola, momen tersebut sekaligus menjadi pengingat agar kejadian serupa tidak terulang. Dia tidak ingin pertandingan sepak bola menjadi ajang menghilangkan nyawa.

“Kita harus membuat sepak bola menjadi olahraga pemersatu yang menyenangkan, bukan mengerikan dan menakutkan,” kata Iriawan.

Sebagai informasi, Kongres Biasa PSSI 2023 yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB, dihadiri 87 pemilik suara (voter) PSSI. Agenda utama kongres tersebut adalah menetapkan susunan Komite Pemilihan (KP), dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

KP dan KBP akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan Kongres Luar Biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum serta anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027, yang dilaksanakan pada 16 Februari 2023 mendatang.

Selain soal KP dan KBP, kongres itu juga beragenda pengesahan laporan aktivitas dan keuangan tahun 2022 serta rencana program dan anggaran 2023. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs