Senin, 29 April 2024

PUPR Bangun Empat Infrastruktur Olahraga, Mayoritas di Jakarta

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (tengah) menjawab pertanyaan pewarta di auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/10/2023). Foto: Antara Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) menjawab pertanyaan pewarta di auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/10/2023). Foto: Antara

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun infrastruktur untuk empat cabang olahraga.

“Pertama renang. Satu sudah kami buat di Unnes (Universitas Negeri Semarang), sudah dalam konstruksi. Sekarang mau coba ditambah di UNJ (Universitas Negeri Jakarta), sehingga atlet bisa berlatih secara kontinyu. Kedua skateboard yang ada park-nya di Taman Mini, sudah kami survei,” ujar Basuki dilansir Antara pada Jumat (20/10/2023).

“Kemudian hoki, mereka mandiri. (Sebenarnya) ada di GBK tapi sangat mahal untuk berlatih, jadi ada yang mandiri di Depok. Saya mau lihat untuk dibantu lapangannya. Keempat adalah BMX, kita ada Pulomas dan Banyuwangi,” tambahnya.

Sebagai CdM Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022, Basuki banyak bertemu dengan para atlet peserta pesta olahraga itu. Dalam pertemuan tersebut ia banyak mendengarkan keluh-kesah yang disampaikan para atlet.

Salah satunya yakni Sanggoe Dharma Tanjung peraih medali perak cabang olahraga skateboard yang tidak memiliki pelatih maupun program pelatihan nasional. Oleh karena itu Basuki menilai perlu banyak pembenahan dalam pembinaan olahraga di Tanah Air.

Lebih lanjut, untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, Basuki memaparkan bahwa pekerjaan renovasi sebagian besar dilakukan untuk lokasi-lokasi pertandingan di Aceh.

Sementara di Sumatera Utara sedang dilakukan pembangunan stadion kecil sedangkan untuk arena-arena lain dibangun oleh pemerintah daerah.

“Saya rasa sebelum September 2024 (pekerjaan arena pertandingan PON) itu bisa (selesai). Walaupun banyak tapi direnovasi semua,” tuturnya. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs