Selasa, 30 April 2024

Selam Jatim Target Penuhi 20 Kuota di PON XXI 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ressa Kania Dewi menjadi salah satu tumpuan tim selam Jawa Timur di babak kualifikasi PON XXI 2024. Foto: Humas POSSI Jatim

Tim selam Jawa Timur (Jatim) mengirimkan 29 atlet dalam babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Meski tidak membidik medali, Jatim berhasrat memenuhi kuota 20 atlet di multiajang paling akbar di Indonesia itu.

Regulasi untuk cabang olahraga selam di PON XXI 2024 memang berbeda dengan edisi sebelumnya. Pada tahun ini tiap provinsi hanya boleh mengirimkan maksimal 20 atlet di PON.

Tak cuma itu saja, jumlah nomor yang dilombakan pun berkurang. Pada PON tahun depan hanya ada 25 nomor. Lebih sedikit daripada PON XX 2021 di Papua yang melombakan 28 nomor.

“Oleh karena itu kami tak menarget medali di babak kualifikasi. Yang terpenting adalah memenuhi kuota 20 seats di PON 2024,” tegas Mirza Muttaqien Ketua Pengprov POSSI Jatim di Surabaya, Kamis (6/7/2023) siang.

Babak Kualifikasi PON untuk nomor finswimming berlangsung di Stadion Aquatik Gelora Bung Karno (GBK) pada 16-19 Juli. Lalu nomor orientasi bawah air (OBA) dan open water digelar 20-23 Juli Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu di Jakarta.

Dari 29 atlet yang diberangkat ke babak kualifikasi PON, sebelas di antaranya merupakan wajah baru. Mereka merupakan jawara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Piala Gubernur Jatim.

“Selebihnya adalah atlet senior. Termasuk sembilan atlet yang kemarin membela Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja,” terang Mirza. (saf/faz)

Berita Terkait

Tim Selam Jatim Lampaui Target


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs