Minggu, 19 Mei 2024

Shin Tae Yong Soal Kemenangan Telak Atas China Taipe: Bukti Sepak Bola Indonesia Berkembang

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Rafael Struick salah satu pemain Timnas Indonesia saat berusaha melewati pemain China Taipe, Sabtu (9/9/2023) malam. Foto: Antara

Shin Tae Yong pelatih timnas Indonesia U-23 menyebut, kemenangan telak 9-0 atas timnas China Taipei U-23 dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024 untuk Grup K di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) malam, merupakan tanda perkembangan sepak bola Indonesia.

Sembilan gol Indonesia diraih delapan pemain berbeda yaitu Marselino Ferdinan dengan dua gol, Ramadhan Sananta, Elkan Baggot, Ilham Rio Fahmi, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Hokky Caraka, Pratama Arhan.

“Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada para pemain atas kerja kerasnya. Dengan skor yang ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah berkembang, lebih baik dari sebelumnya,” ucapnya saat dilansir dari Antara.

Kemenangan telak melawan China Taipei membuat Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup K dengan 3 poin, menggeser pemuncak klasemen sebelumnya Turkmenistan yang kini harus turun di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Hasil tersebut membuat Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara Grup K dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang rencananya bakal digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei tahun depan nanti.

“Saya memberikan motivasi kepada seluruh pemain bahwa kita pasti bisa dan pertandingan ini berjalan kreatif sebelumnya dan kita bisa menang. Saya tegaskan terus-terusan saat latihan, meeting, bahwa kita harus fokus. Dan para pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut, Shin juga mengaku yakin untuk menatap laga lanjutan melawan  Turkmenistan yang akan digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.

Turkmenistan sendiri, menjadi tim yang sebelumnya juga berhasil mencatatkan hasil positif, yakni membekuk China Taipe dengan skor 4-0 pada laga perdana Grup K Piala Asia U-23 2024, Rabu (6/9/2023) yang lalu.

Tim asuhan Agamyradov Ahmet itu juga mendapat keuntungan karena memiliki jeda istirahat cukup lama untuk menatap laga kedua dari lama pertama yang berlangsung pada tiga hari yang lalu.

“Mereka cukup banyak istirahat, kami pasti akan bisa adaptasi. Memang tidak mudah, tapi kita pasti bisa meraih kemenangan. Kita akan berusaha semaksimal mungkin,” tandasnya.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs