Jumat, 29 Maret 2024

Soal Piala Dunia U20, Mahfud MD: Indonesia Tidak Akan Berdiplomasi dengan Israel

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD Menko Polhukam RI. Foto : Twitter @mohmahfudmd

Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menegaskan, Indonesia tidak akan berdiplomasi dengan Israel terkait rencana Timnas U20 yang akan bermain di Indonesia.

Menurut Mahfud, Israel adalah imperialis yang selama ini tidak mengakui negara Palestina

“Yg benar, Indonesia takkan berdiplomasi dengan Israel selama Israel tak akui Palestina. Israel adalah imprialis,” ujar Mahfud dalam cuitan di akun Twitter-nya @mohmahfudmd, Senin (27/3/2023) malam.

Sekadar diketahui, MUI, Muhammadiyah dan sejumlah ormas Islam lainnya menolak kedatangan timnas U20 Israel bermain di Indonesia.

Menko Polhukam menjelaskan, Indonesia akan terus aktif di FIFA dan mencari solusi soal penolakan sejumlah pihak atas rencana timnas U20 Israel bermain di Indonesia.

“Tapi Indonesia berusaha aktif di FIFA. Indonesia kini sdg mencari penyelesaian dari dua prinsip tsb, yakni, Indonesia tdk terima Israel tp ikut aktif di FIFA. Msh trs diolah,” tegas Mahfud.

Sebelumnya, Muhadjir Effendy Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengungkapkan, pemerintah telah mengajukan sejumlah prasyarat kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U20 yang akan digelar di Indonesia.

Muhadjir mengatakan, prasyarat itu disampaikan karena pemerintah Indonesia juga mempertimbangkan amanat konstitusi yang menyebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Ia mengatakan, Erick Thohir Ketua Umum PSSI akan terbang ke Zurich untuk melobi FIFA terkait polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20.

“Kita masih berharap ada perubahan sikap dari FIFA dan juga kita akan mencoba untuk mengakomodasi bebagai macam penolakan dari dalam,” kata Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (27/3/2023).(faz/iss).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs