Kamis, 28 Maret 2024

Mahfud: Hubungan dengan Israel Tertutup Hingga Palestina Merdeka

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Senin (27/3/2023). Foto: Antara

Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) menegaskan Indonesia tetap tidak akan memiliki hubungan diplomatik dengan Israel hingga Palestina menjadi negara merdeka.

“Prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka. Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB, di KAA, lalu Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme, bagi Bung Karno Israel itu imperialis,” kata Mahfud di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/3/2023).

Mahfud menyampaikan hal tersebut terkait dengan pro dan kontra tim nasional (timnas) Israel untuk bertanding dalam Piala Dunia U-20 dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Bahkan dua provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu Bali dan Jawa Tengah menyatakan penolakan terhadap kedatangan timnas Israel.

“Kita juga ingin di dunia internasional itu bergaul dengan baik dan melihat olahraga itu salah satu cara kita masuk ke dunia internasional dengan baik. Nah langkah-langkah berikutnya tunggu saja,” ungkap Mahfud seperti dilaporkan Antara.

Sementara Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap agar Piala Dunia U-20 tetap dapat diselenggarakan di Indonesia.

“U-20 ini menjadi andalan utama dari ‘event‘ berkelas dunia yang Indonesia berhasil hadirkan. Ini bagian dari pilar ‘sports tourism ‘atau pariwisata berbasis olahraga dan kita menghitung peluang kunjungan wisman yang signifikan,” kata Sandiaga di lokasi yang sama.

Menurut Sandiaga, setidaknya ada 7,4 juta wisman dan 1,4 miliar wisatawan lokal dalam kalender pariwisata Indonesia.

“Saya sampaikan ke Pak Erick bahwa dari segi Parekraf sangat mengharapkan U-20 ini berlangsung di Indonesia dan kita juga pastikan kesiapan destinasi pariwisata dan juga produk ekonomi kreatif, UMKM yang nanti disiapkan dari bagian perhelatan tersebut,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Senin (27/3/2023). Foto: Antara

Bila Indonesia batal menjadi tuan rumah U-20 dipastikan akan sangat berdampak negatif terhadap pencapaian target wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan.

“Saya tadi menyampaikan ke Pak Erick bahwa pasti akan berdampak pada sektor parekraf, tadi belum ada ‘update‘ (dampaknya), tapi Pak Erick menyampaikan dia akan berkoordinasi dengan pihak FIFA di Zurich,” tambah Sandiaga.

Sebelumnya kehadiran atlet Israel ke Indonesia untuk cabang olahraga individu sudah terjadi sebelumnya dan di antaranya pebulutangkis Misha Zilberman yang turun pada Kejuaraan Dunia BWF 2015 di Istora Senayan, Jakarta. Selain itu pebalap sepeda Mikhail Yakovlev juga pernah mendulang prestasi pada ajang UCI Track Nations 2023 di Jakarta.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah menuai pro-kontra. Beberapa pihak di Indonesia mengecam Israel karena konfliknya dengan Palestina.

Kehadiran Israel pun menjadi pembicaraan hangat publik. Sebagian pihak menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs