Kamis, 2 Mei 2024

Srikandi Indonesia Siap Tempur Lawan Thailand di Semifinal Piala AFF U-19

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada Kamis (13/7/2023) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Foto: PSSI

Tim nasional wanita U-19 Indonesia dipastikan berjumpa Thailand dalam semifinal Piala AFF U-19 2023. Laga ini akan dilangsungkan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Kamis (13/7/2023) malam.

Rudy Eka Priyambada nakhoda Timnas Wanita U-19 Indonesia menyebut ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum melawan Thailand di empat besar.

“Pada dasarnya kami siap lawan tim manapun. Namun kami juga harus mewaspadai permainan bola yang dimainkan oleh Thailand. Kita harus bermain efektif, memperbanyak taktik yang juga harus pemain mainkan,” ungkapnya dalam laman resmi PSSI pada Selasa (11/7/2023) siang.

Mantan asisten pelatih tim Persebaya Surabaya itu berharap anak asuhnya bisa memberikan permainan terbaik saat berjumpa Thailand nanti.

“Semoga kami bisa memberikan yang terbaik dan maksimal, mohon doa dan dukungannya dari masyarakat sepakbola Indonesia, khususnya sepakbola wanita, kami ingin memenangkan kejuaraan ini,” sambungnya.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menetapkan bahwa Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di semifinal. Sedangkan Vietnam berjumpa Myanmar. Hal ini diumumkan dalam laman resmi AFF, Senin (10/7/2023).

Dalam regulasi pertandingan mengenai babak semifinal dijelaskan, “Jika tim urutan kedua terbaik secara keseluruhan berasal dari Grup A atau Grup C, maka Semifinal kedua berasal dari Pemenang Grup A melawan Pemenang dari Grup C. Sedangkan untuk Semifinal pertama, Pemenang Grup B melawan Runner-Up Terbaik Keseluruhan dari Grup A atau C.”

Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa di Grup A dan C ada dua tim urutan kedua terbaik, yakni Kamboja dan Myanmar. Keduanya mengoleksi 3 poin.

Kamboja memang telah menang dua kali, harusnya dapat poin 6, namun saat menang melawan Timor Leste, yang notabene adalah peringkat terakhir di Grup A, maka jumlah poin dan golnya tidak dihitung. Jadi yang berhak keluar sebagai runner-up terbaik adalah Myanmar dari Grup C. Bukan Kamboja.

Indonesia dan Thailand adalah semifinalis kedua (juara dari Grup A dan C), sedangkan Vietnam (juara Grup B) dan Myanmar (runner up grup C) adalah semifinalis pertama. (saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs