Selasa, 19 Maret 2024

Surabaya Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kontingen Kota Surabaya merayakan gelar juara umum Porprov VII 2022 di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (3/7/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Kota Surabaya resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX 2025. Selain Surabaya, Kota Malang juga berharap menjadi host multiajang dua tahunan tersebut.

Muhammad Nabil Ketua KONI Jawa Timur (Jatim) menyebut ada tiga calon tuan rumah Porprov IX 2025. Dua di antaranya adalah Surabaya dan Kota Malang. Satu calon lainnya merupakan gabungan dari Kota dan Kabupaten Pasuruan serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

“Yang sudah presentasi baru Surabaya. Yang lain akan kami follow up. Kalau diperlukan kami akan survei ke lapangan. Kemudian kami akan melaporkannya ke Pemprov Jatim,” ucap Nabil kepada Suarasurabaya.net, Rabu (31/5/2023).

Dari ketiga kandidat itu, Surabaya dan Kota Malang sudah pernah menggelar Porprov. Kota Pahlawan adalah tuan rumah Porprov I 2007. Sedangkan Kota Malang tuan rumah Porprov II 2009.

“Nanti akan kami lihat kesiapan pemerintah daerahnya. Juga kelayakan venue pertandingan dan kapasitas akomodasi. Salah satunya adalah stadion yang memenuhi standar untuk opening dan closing ceremony,” sebut Nabil.

Hoslih Abdullah Ketua KONI Surabaya mengungkapkan bahwa pihaknya sangat siap untuk menjadi tuan rumah Porprov Kembali. “Kami memang mengajukan. Suratnya pun sudah masuk dan atas persetujuan Pak Wali Kota,” ucap Hoslih.

Dengan kelengkapan venue dan akomodasi, Hoslih yakin Surabaya paling siap di antara kandidat tuan rumah lainnya. Pengumuman tuan rumah Porprov IX 2025 akan dilakukan saat closing ceremony Porprov VIII 2023 pada September nanti. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
29o
Kurs