Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Akhirnya Cairkan Bonus Peraih Medali Porprov Sebesar Rp17 Miliar

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pemkot Surabaya bersama KONI Surabaya menyerahkan bonus pada para atlet Porprov VII Jatim 2022. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akhirnya mencairkan bonus dengan nilai total Rp17 miliar untuk 600 atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022, yang berasal dari 40 cabang olahraga (Cabor).

Bonus itu diserahkan langsung oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Hoslih Abdullah Ketua Umum KONI Surabaya, ke sejumlah atlet di Ruang Kerja Wali Kota, Balai Kota Surabaya, Kamis (13/10/2022) sore.

Besaran bonus untuk tiap atlet berprestasi dalam Porprov VII Jawa Timur tahun 2022 beragam. Peraih medali emas mendapatkan Rp32 juta, perak menerima bonus Rp16 juta dan perunggu Rp8 juta.

“Totalnya ada sekitar 600an atlet. Dan total anggaran (bonus) sekitar Rp17 miliar yang kita keluarkan. Paling tidak ini memberikan semangat dan insyaAllah pemerintah ke depannya akan terus memikirkan bagaimana bisa menghargai orang yang membawa nama harum untuk Kota Surabaya,” tutur Eri.

Ia mengatakan, awalnya bonus atlet itu berencana diberikan pascagelaran Porprov Jatim ditutup pada bulan Juli lalu. Namun ternyata butuh waktu  lebih untuk menambah besaran bonus yang akan diberikan, agar tidak sama dengan tahun sebelumnya.

“Sehingga berubah dari tahun sebelumnya Rp30 juta menjadi Rp32 juta. Maka ini dibutuhkan waktu untuk menambah dalam perubahan anggaran keuangan (PAK). Alhamdulillah setelah (PAK) disahkan DPRD, maka reward ini bisa diberikan kepada para atlet,” katanya.

Dia berharap, bonus itu dapat dimanfaatkan para atlet. Termasuk meningkatkan kemampuan agar lebih berprestasi dalam kejuaraan olahraga ke depannya.

“Saya berharap para atlet juga bisa menjaga nama besar Kota Surabaya. Karena biasanya nek wis enak (kalau sudah enak), terkenal, atlet itu pindah. Makanya tadi saya sampaikan bahwa membela sebuah daerah yang menjadi daerah kelahirannya itu adalah sebuah kebanggan,” terang Eri.

Terlebih selama ini, Eri selalu mengingatkan jajaran khususnya Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) agar selalu menghargai perjuangan para atlet. Salah satunya diimplementasikan dalam bentuk bonus untuk atlet berprestasi.

“Semoga dengan reward ini atlet-atlet Porprov tetap ada di Surabaya untuk tahun-tahun yang akan datang. Dan ketika dalam pertandingan, tetap membawa nama besar Surabaya,” harapnya.

Selain itu, pada KONI Surabaya, Eri juga berpesan agar terus memacu kemampuan para atlet. Termasuk mencetak atlet-atlet baru yang berprestasi serta membawa nama harum Kota Surabaya.

“Kita harus menunjukkan bahwa kita (Surabaya) adalah yang terbaik dengan sportivitas yang tinggi. Bukan persaingan yang sikut-sikutan, tapi persaingan melalui prestasi yang luar biasa,” pungkasnya.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs