Selasa, 30 April 2024

Tim Kreatif Opening Ceremony Piala Dunia U-17 2023 Mulai Mapping Area Stadion GBT

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tim kreatif pembukaan Piala Dunia U-17 2023 dan BBPJN Jatim-Bali ke Stadion GBT kemarin, Jumat (29/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya untuk Piala Dunia U-17 2023 masih berlangsung, sembari pembangunan fisik berjalan.

Mulai Jumat (29/9/2023) kemarin, tim kreatif opening ceremony Piala Dunia U-17 mengecek Stadion GBT.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, tim kreatif di bawah arahan Wishnutama selaku creative director, melakukan mapping area untuk tampilan atraksi pertunjukan dalam upacara pembukaan Piala Dunia U-17.

“Baik dari atraksi, mainstage, lampu, artis, dan sebagainya. Serta, tempat dan ruang mana saja yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas mereka,” beber Wiwiek lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (30/9/2023).

Wiwiek memastikan, sarana dan prasarana Stadion GBT Surabaya siap pakai 10 November 2023 mendatang.

“Secara keseluruhan Pemkot Surabaya sudah siap menyambut Piala Dunia U-17. Sebab kedatangan mereka adalah untuk menyempurnakan GBT,” tegasnya.

Meski hingga kini, diakui masih ada pembangunan fisik yang berjalan terutama lapangan parkir. Selain tim kreatif, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur- Bali juga melakukan peninjauan Jumat kemarin.

“Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Jawa Timur dan Bali berkunjung ke Surabaya dan berbicara tentang penyelesaian parkir yang hari ini juga sedang diselesaikan oleh pemkot dan BBPJN. Secara teknis kunjungan di lapangan melihat dan mengkalkulasi apa yang harus dilakukan secara bersama-sama dengan timeline yang sangat ketat sekali,” kata Wiwiek.

Lebih lengkap, Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya (DSDABM) Kota Surabaya menyampaikan, pembuatan lapangan parkir seluas 22.000 meter persegi akan dikolaborasikan dengan mereka.

“Dari hasil tinjauan, penyelesaian parkir harus (selesai) sebelum yang disyaratkan FIFA, maka pengerjaannya kita bagi dua. Sisi sebelah timur (VVIP) akan dikerjakan oleh pemkot, lalu sebelah barat (official) dibantu BBPJN. Mereka sudah menyatakan bisa membantu kita untuk menyelesaikan itu sebelum tanggal yang ditentukan oleh FIFA,” kata Lilik.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang menjadi fokus perbaikan sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-17 berlangsung. Salah satunya, akses jalan masuk di gerbang Stadion GBT Surabaya, dibuat mendatar.

DSDABM Kota Surabaya juga menyiapkan saluran tepi, keduanya direncanakan akan selesai pekan depan.

“Penyesuaian jalan masuk yang di sisi barat itu elevasinya agak terlalu curam sehingga kita harus meratakan agar tidak menyulitkan pengendara yang lewat. Selain untuk parkir sendiri, kita juga menyiapkan untuk saluran tepi. Kita kerjakan semuanya, kemungkinan pekan depan sudah selesai,” jelasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs