Sabtu, 4 Mei 2024

Tim Sapuangin ITS Juara Tiga Shell Eco-Marathon World 2023

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Arsip Foto - Tim Sapuangin ITS menerima penghargaan dari delegasi Shell Eco-Marathon World 2023. Foto : Antara

Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menyisihkan 12 tim dan menjadi juara tiga dalam ajang Shell Eco-Marathon World 2023 yang berlangsung di Bangalore, India.

Melansir dari Antara, siaran pers ITS pada Sabtu (14/10/2023) menyebutkan Tim Sapuangin ITS menghadirkan mobil urban tercepat di kategori Internal Combustion Engine (ICE).

Tim mobil hemat energi ITS tersebut menunjukkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar mobil Sapuangin XI Evo 3 di Final Race World Championship 2023.

Aliffia Nur Arinda kru External Relations Sapuangin ITS menyampaikan bahwa, timnya memperoleh kemenangan setelah memupuk poin dari rangkaian kompetisi yang berlangsung mulai 10 Oktober 2023, termasuk perolehan 42 poin dari Mileage Challenge dan 18 poin dari pengujian time trial.

Rinda menjelaskan, kompetisi Mileage Challenge menguji ketangguhan dan efisiensi bahan bakar mobil hemat energi.

Pada kategori ini, tim Sapuangin ITS berhasil memamerkan keunggulan dengan efisiensi penggunaan bahan bakar 281 kilometer per liter.

“Tim Sapuangin ITS meraih posisi kedua pada babak ini,” ujarnya.

Sedangkan dalam pengujian time trial, yang mengharuskan mobil dari setiap tim memutar satu lap, mobil Sapuangin XI Evo 3 berada di posisi kelima dengan catatan waktu satu menit 37 detik.

Sebelumnya pun, Tim Sapuangin berlaga di Regional Championship di Mandalika dan mendapatkan 68 poin secara keseluruhan.

Rinda menyampaikan bahwa pada 12 Oktober 2023 digelar final race yang diikuti oleh segenap tim dari Asia, Amerika, dan Eropa.

“Semua tim bersiap di garis start dan melalui lap sebanyak 10 kali dengan panjang lintasan 904 meter. Final race ini sangat menegangkan karena kami mulai start dari posisi ke lima,” tutur Rinda.

Mahasiswi Departemen Teknik Material dan Metalurgi itu menambahkan, tim mobil hemat energi ITS berhasil menempati posisi ketiga dalam lomba tersebut.(ant/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs