Jumat, 19 April 2024

Timnas Israel bakal Main di Piala Dunia U-20, Kemenlu Tegaskan Indonesia Tetap Dukung Kedaulatan Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Foto: PSSI

Tim Nasional Sepak Bola Israel akan berlaga di Piala Dunia usia di bawah 20 tahun (U-20) yang dihelat di Indonesia, mulai tanggal 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Rencana kedatangan Timnas Israel mendapat kecaman dari sejumlah organisasi/lembaga masyarakat seperti Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Alasannya, Militer Israel kerap melakukan aksi kekerasan yang biadab kepada warga Palestina.

Teuku Faizasyah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 tahun ini, tidak menggoyahkan dukungan Pemerintah RI untuk Palestina.

Menurutnya, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri juga selalu menyuarakan dukungan Indonesia kepada Palestina dalam berbagai forum internasional.

Antara lain di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Dewan HAM PBB, juga dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri Negara G20, di India beberapa waktu lalu.

“Posisi Pemerintah Indonesia terkait isu Palestina tidak akan pernah berubah dan sangat konsisten. Indonesia termasuk dari sedikit negara yang terus konsisten mendukung perjuangan Rakyat Palestina,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Jumat (17/3/2023).

Sementara itu, Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan, Kemenpora terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait rencana kehadiran Timnas Israel U-20 di Indonesia.

Muhadjir menegaskan, Pemerintah sudah menyiapkan semua jalur, dari politik, diplomatik, dan keamanan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk mengantisipasi gejolak akibat keikutsertaan Israel.

“Ini masih harus koordinasi, dan saya baru menyiapkan pihak-pihak yang segera saya kontak. Intinya, Pemerintah tetap berpegang kepada komitmen. Ini bukan soal kebijakan, tapi undang-undang,” tegasnya, Kamis (16/3/2023).

Sebelumnya, Zainudin Amali Wakil Ketua PSSI menyatakan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menjamin keamanan semua tim peserta Piala Dunia U-20.

Sekadar informasi, ada 24 tim negara dari enam zona yang lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2023, di Indonesia.

Dari zona Afrika ada Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia. Dari zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF) ada Dominika, Guatemala, Honduras, dan Amerika Serikat.

Kemudian, dari wilayah Amerika Selatan (CONMEBOL) ada Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Uruguay.

Wakil wilayah Oseania yaitu Fiji dan Selandia Baru. Dari Eropa ada Italia, Inggris, Prancis, Israel, dan Slovakia.

Sedangkan dari Asia ada Indonesia selaku tuan rumah, Jepang, Korea Selatan, Irak, dan Uzbekistan.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs