Sabtu, 18 Mei 2024

Timnas U-17 Ditahan Imbang Panama 1-1, Arkhan Kaka Cetak Gol Lagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Arkhan Kaka (tengah) dipeluk oleh pemain Timnas U-17 usai mencetak gol ke gawang Panama pada Senin (13/11/2023) malam. Foto: FIFA

Tim nasional (Timnas) U-17 Indonesia kembali gagal menang di Piala Dunia U-17 2023. Kali ini anak asuh Bima Sakti tersebut ditahan Panama dengan skor 1-1.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Senin (13/11/2023) malam, Timnas U-17 tampil kurang garangpada awal babak pertama. Mereka dikurung Panama selama lebih dari 15 menit.

Timnas U-17 baru bisa melepaskan diri dari tekanan Panam setelah selepas menit ke-20. Mereka mulai mengancam melalui Ji Da Bin dan Kafiatur Rizky. Namun kedua kans itu belum berbuah gol.

Selepas itu pertandingan berlangsung ketat. Jual beli serangan tak dapat terelakkan. Hanya saja gol tak kunjung datang.

Timnas U-17 harus membayar mahal kesalahan yang dibuat oleh para pemain bertahan pada masa injury time. Sebab Panama berhasil memanfaatkannya menjadi gol.

Mendapat bola liar di kotak penalti, Oldemar Castillo sukses melewati empat pemain Indonesia sebelum menaklukkan Ikram Al Giffari penjaga gawang pada menit ke-45+3.

Bima Sakti pelatih Timnas U-17 melakukan perombakan pemain pada paruh kedua. Bima memasukkan Nabil Asyura dan Amar Brkic guna menghidupkan sekaligus meningkatkan kreativitas di lini tengah.

Masuknya kedua pemain ini mengubah wajah permainan Timnas U-17. Hasilnya sangat positif. Skuad Merah Putih menyamakan kedudukan pada menit ke-54 lewat Arkhan Kaka.

Anak Purwanto Suwondo eks pemain Persebaya Surabaya ini, menyambar assist Welber Jardim dan berhasil mengonversikannya menjadi sebuah gol. Skor pun menjadi sama kuat 1-1.

Berhasil mencetak gol penyama membuat Timnas U-17 bernafsu untuk mengejar gol berikutnya. Pun demikian dengan Panama. Mereka berusaha mencuri gol tambahan di pertandingan ini.

Akan tetapi, tak ada tambahan gol yang tercipta hingga pertandingan usai. Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit mengakhiri laga.

Tambahan satu angka membuat Timnas U-17 duduk di posisi ketiga di Grup A dengan dua poin hasil dua laga. Ekuador dan Maroko duduk di ranking satu dan dua dengan koleksi masing masing empat dan tiga poin. Sementara Panama di posisi empat dengan satu angka.

Timnas U-17 akan menjalani laga pemungkas Grup A melawan Maroko di Stadion GBT. Sementara itu Ekuador berjumpa Panama di Stadion Manahan, Surakarta. Kedua laga ini berlangsung pada Kamis (16/11/2023) malam pukul 19.00 WIB.

Jika ingin memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, maka Timnas U-17 wajib menang lawan Maroko pada Kamis malam. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
31o
Kurs