Sabtu, 20 April 2024

Zelenskiy Mendesak Agar Rusia Keluar Dari Olimpiade Paris 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Volodymyr Zelenskiy Presiden Ukraina pada Minggu (29/1/2023) mengatakan, memberi kesempatan kepada atlet Rusia untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024 sama dengan menunjukkan bahwa ‘teror’ bisa diterima.

Zelenskiy juga telah mengirimkan surat kepada Emmanuel Macron Presiden Perancis sebagai bagian dari kampanyenya untuk mengeluarkan atlet Rusia dari Olimpiade Paris.

“Upaya Komite Olimpiade Internasional untuk membawa atlet Rusia kembali ke Olimpiade adalah upaya untuk memberi tahu seluruh dunia bahwa teror dapat diterima,” kata Zelenskiy dalam pidatonya.

“Seolah-olah Anda bisa menutup mata terhadap apa yang dilakukan Rusia di Kherson, Kharkiv, Bakhmut, dan Avdiivka,” katanya, merujuk pada daerah-daerah yang mendapat serangan dari pasukan Rusia.

Dia menambahkan, bahwa Rusia seharusnya tidak diperbolehkan menggunakan gelaran olahraga apapun sebagai propaganda untuk agresi negaranya.

Pekan lalu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan pihaknya menyambut dengan baik proposal tawaran Dewan Olimpiade Asia (OCA) perihal pemberian kesempatan atlet Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di Asia. Dilansir dari Reuters.

Pada hari Sabtu (28/1/2023), Zelenskiy menyatakan tidak mungkin ada netralitas dalam olahraga, sedangkan pada saat yang sama atlet dari negaranya harus berjuang dan mati dalam perang.(ihz/rst)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs