Jumat, 26 April 2024

Zlatan Ibrahimovic Resmi Gantung Sepatu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zlatan Ibrahimovic mengumumkan pensiun usai laga AC Milan kontra Hellas Verona di San Siro pada Senin (5/6/2023) dini hari waktu Indonesia. Foto: AC Milan

Zlatan Ibrahimovic resmi pamit dari sepak bola pada Senin (5/6/2023) dini hari waktu Indonesia. Penyerang berkebangsaan Swedia itu memutuskan pensiun memasuki usia 42 tahun.

Ibrahimovic mengumumkan pensiun waktu AC Milan menghadapi Hellas Verona di Stadion San Siro.

Perpisahan Ibra makin manis karena Rossoneri menang dengan skor 3-1 pada laga pemungkas Serie A musim 2022/2023.

“Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sepak bola. Tapi tidak untuk Anda. Ini terlalu sulit, terlalu banyak emosi. Forza Milan dan selamat tinggal,” kata Ibrahimovic dalam pidatonya dilansir Football Italia.

Perpisahan Ibrahimovic berlangsung penuh haru. Bahkan, striker yang garang di lapangan itu tidak bisa menahan tangis.

Walau cukup sering berpindah klub, Milan memiliki tempat spesial di hati Ibrahimovic. Apalagi ketika memutuskan pulang ke San Siro pada 2020 lalu, Ibrahimovic berhasil mempersembahkan Scudetto musim 2021/2022.

Kontrak Ibrahimovic di Milan berakhir pada 30 Juni 2023. Musim 2022/2023, dia tidak banyak tampil karena cedera. Total Ibrahimovic cuma tampil dalam empat laga selama 144 menit.

“Ada nasihat dari banyak orang. Tetapi saya harus menyadari bahwa saatnya telah tiba untuk pensiun dari sepak bola. Untuk menikmati kehidupan pribadi saya dan menikmati sepak bola dengan cara yang berbeda. Ada tawaran, tetapi jika seseorang telah memutuskan pensiun, tawaran itu tidak lagi menarik,” ucapnya.

Ibrahimovic memulai karier profesionalnya sejak 1999 bersama Malmo. Lalu, dia hijrah ke Ajax Amsterdam. Dari Belanda, Ibra memperkuat tujuh klub yang berbeda. Mulai dari Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, Manchester United, LA Galaxy, hingga AC Milan.

Secara keseluruhan, Ibrahimovic sudah mencetak 511 gol dari total 866 penampilan di level klub. Bersama Tim Nasional Swedia, dia memainkan 122 laga dengan koleksi 62 gol.

Ibrahimovic masih belum memikirkan kelanjutan kariernya. Dia membuka peluang untuk banyak hal semisal jadi pelatih atau duduk di jajaran direksi sebuah klub.

“Saya tidak berpikir untuk meninggalkan sepak bola secara umum. Namun jika saya melakukannya, maka saya harus mulai dari awal dan menaiki tangga. Itu tidak berarti saya akan menjadi pelatih top,” tandasnya. (saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs