Kamis, 2 Mei 2024

Zohri Rela Lebaran Jauh dari Keluarga Demi SEA Games 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lalu Muhammad Zohri atlet atletik nomor lari 100 meter putra mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games Kamboja 2023 di Lapangan Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/3/2023). Foto: Antara

Lalu Muhammad Zohri Sprinter Indonesia harus kembali merayakan Lebaran jauh dari keluarga karena tengah dalam persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja yang dijadwalkan bergulir pada 5-17 Mei.

Bagi Zohri, merayakan Idulfitri jauh dari kampung halaman di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) bukan hal baru. Sebagai atlet dirinya harus mengesampingkan keinginan tersebut demi berkibarnya Merah Putih di pentas internasional termasuk pada SEA Games 2023.

“Memang kalau Lebaran tidak di rumah itu sudah biasa. Banyak teman-teman (atlet) di sini juga jauh dari kampung halaman. Itu tidak menjadi masalah karena kami sudah terbiasa,” ujar Zohri dilansir dari Antara, Sabtu (15/4/2023).

Sebagai pengganti, Zohri mengisi kehangatan pada Hari Kemenangan tersebut dengan berkumpul bersama rekan atlet sesama penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) atletik.

Pada tahun 2023 ini, mereka berencana merayakan Lebaran di rumah Eni Nuraeni pelatih atletik khusus untuk nomor lari jarak pendek yang juga melatih empat atlet lainnya yakni Sudirman Hadi, Bayu Kertanegara, Wahyu Setiawan, dan Adith Rico.

“Kami kalau Lebaran diundang Ibu Eni untuk berkumpul dan makan-makan di sana,” ujar Zohri.

Sementara itu, untuk melepas kerinduan dengan keluarga di NTB, Zohri biasanya melakukan panggilan video.

“Sekarang sudah canggih. Jadi saya pasti video call keluarga untuk berbincang dan lainnya,” katanya menambahkan.

Kondisi serupa juga terjadi pada tahun lalu. Kala itu Zohri juga tengah dalam persiapan menghadapi SEA Games 2021 Vietnam yang bergulir pada 2022.

“Sebagai atlet memang harus siap tanding dan melakukan persiapan di mana pun. Jadi saya akan fokus untuk SEA Games 2023 dan mungkin setelah itu pulang ke kampung halaman,” pungkas Zohri.

Zohri adalah salah satu atlet yang tengah menjalani persiapan menuju SEA Games Kamboja. Dia dijadwalkan turun di nomor 100 meter putra dan estafet 4×100 meter putra serta dimungkinkan bersaing pada nomor 200meter.

Sprinter 22 tahun itu berharap dapat memperbaiki pencapaiannya saat tampil di Kamboja. “Saat ini tidak ada kendala. Semoga hingga SEA Games Kamboja dan seterusnya tidak ada masalah apa pun. Harapannya bisa tampil maksimal di Kamboja nanti,” ujar Zohri.

Tahun lalu pada SEA Games Vietnam, Zohri mengalami cedera hamstring. Kondisi tersebut mengganggu performanya sehingga gagal menyumbang medali untuk Kontingen Merah Putih, khususnya di nomor andalan 100 meter.

Zohri hanya mampu finis keenam dengan catatan waktu 10,59 detik. Emas menjadi milik Puripol Boonson dari Thailand dengan 10,44 detik, perak juga diraih wakil Soraoat Dapbang Negeri Gajah Putih dengan 10,56 detik, dan perunggu menjadi milik Marc Brian Louis sprinter Singapura dengan 10,56 detik. (ant/ihz/ISS)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs