Selasa, 30 April 2024

Athletic Bilbao Sukses Juarai Copa del Rey 2023/2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Athletic Bilbao merayakan trofi gelar juara Copa Del Rey 2023/24 setelah menang adu penalti 4-2 lawan Real Mallorca di Estadio de la Cartuja, Sabtu (6/4/2024). Foto: AFP/ Antara

Athletic Bilbao sukses menjuarai Copa del Rey 2023/2024 dengan kemenangan adu penalti 4-2 atas Real Mallorca, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit pertandingan final di Estadio de la Cartuja, Sabtu (6/4/2024) waktu setempat, atau Minggu (7/4/2024) dini hari WIB.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian Athletic Bilbao selama 40 tahun untuk meraih gelar Copa Del Rey.

Melansir Antara, Bilbao bermain lebih agresif dan menekan Mallorca sejak kick-off dengan mengandalkan kecepatan para penyerangan mereka.

Pada menit ke-16, Bilbao menciptakan peluang lewat upaya Ruiz dr Galarreta, tetapi masih bisa ditepis oleh Dominik Greif.

Mallorca membalas pada menit ke-19 lewat sepakan keras Vedad Muriqi yang belum membuahkan gol karena diadang Julen Agirrezabala.

Mallorca secara mengejutkan unggul duluan pada menit ke-21 lewat Dani Rodriguez. Diawali kemelut di kotak penalti, Dani mendapat bola sebelum menendangnya masuk ke gawang.

Nico sempat menyamakan skor pada menit ke-39 lewat permainan 1-2 di tepi kotak penalti sebelum menendang bola ke tiang jauh. Namun gol itu dianulir VAR karena Nico terjebak offside. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Bilbao masih mendominasi permainan.

Usaha Bilbao akhirnya berbuah gol penyeimbang pada menit ke-50. Umpan terobosan Nico diterima Oihen Sancet yang masuk dari lini kedua dan langsung melepaskan tembakan ke tiang jauh gawang Greif. Skor menjadi 1-1.

Gol tersebut membangkitkan semangat Bilbao untuk mencetak gol tambahan.

Satu peluang emas didapatkan Bilbao di pengujung waktu normal saat Vivian melewati dua adangan bek Mallorca sebelum menendang bola yang bisa diadang Greif.

Bola rebound coba disundul oleh Nico, tetapi arahnya justru masih melenceng dari gawang. Skor 1-1 bertahan selama 120 menit dan juara Copa Del Rey harus ditentukan lewat adu penalti.

Empat penendang Bilbao (Alex Berenguer, Vesga, Muniain, dan Raul Garcia) sukses menunaikan tugasnya termasuk. Sementara itu, dua (Manu Morlanes dan Radonjic) dari empat penendang Mallorca gagal memasukkan bola.

Bilbao akhirnya menjadi juara Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 40 tahun. Ini merupakan gelar ke-23 Bilbao di ajang Copa del Rey, mereka hanya kalah dari 31 gelar Barcelona. Sementara itu, terakhir kalinya Mallorca juara gelar Copa del Rey yakni pada 2003. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs