Rabu, 24 Juli 2024

Euro 2024: Turki Libas Georgia 3-1, Portugal Comeback Tipis 2-1 Atas Ceko

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Selebrasi Arda Guler (Kanan) setelah mencetak gol kedua Turki lawan Georgia dalam pertandingan Grup F Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park pada Selasa (18/6/2024). Foto: Antara/ UEFA

Gol spektakuler Arda Guler mewarnai kesuksesan Timnas Turki untuk melibas Georgia 3-1 dalam laga pembukaan Grup F Piala Eropa (Euro) 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Selasa (18/6/2024) malam WIB.

Melansir Antara, Turki sempat membuka keunggulan berkat gol Mert Muldur pada menit ke-25, sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan di menit ke-32 untuk membuat keduat tim sama kuat di babak pertama.

Turki akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-65 lewat Arda Guler, pemain muda sensasional mereka. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri miliknya.

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Kedudukan menjadi 2-1.

Gol ketiga Turki kemudian lahir di penghujung pertandingan, tepatnya menit ke-97. Di saat akhir, Mert Gunok kiper bisa meninju bola sepak pojok sehingga Turki punya kesempatan melakukan serangan balik. Kerem Akturkoglu yang mendapat bola langsung berlari kencang ke lini pertahanan Georgia.

Akturkoglu yang baru masuk pertandingan di menit ke-85 tidak bisa dikejar oleh pemain-pemain Georgia. Dia kemudian memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Di pertandingan lainnya, Portugal sukses menaklukkan Republik Ceko dengan skor 2-1 pada pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Redbull Arena, Leipzig, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

Di pertandingan ini Portugal mendominasi jalannya pertandingan, namun disiplinnya lini pertahanan Republik Ceko membuat laga menjadi sengit.

Pada babak pertama kedua tim bermain terbuka, namun tidak ada satu pun gol tercipta hingga peluit jeda dibunyikan. Skor sama kuat 0-0 untuk kedua tim menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Ceko yang terus tertekan sepanjang laga, secara mengejutkan mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan terukur Lukas Provod yang mengoyak jala gawang Portugal. Skor berubah menjadi 1-0 pada menit 62.

Portugal akhirnya mampu membobol gawang dari Ceko pada menit 69 berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang gagal mengantisipasi bola muntah tepisan Stanek sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Selecao akhirnya mampu membalikkan keadaan melalui gol yang yang dicetak oleh Francisco Conceicao memanfaatkan kesalahan lini belakang Ceko sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit 90+2. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs