Jumat, 25 Oktober 2024

Euro 2024: UEFA Selidiki Dugaan Perilaku Tak Pantas Suporter Serbia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ratusan petugas polisi berpatroli di seluruh pintu masuk Arena AufSchalke sebelum partai Serbia lawan Inggris di UEFA Euro 2024 pada 16 Juni 2024. Foto: Getty Images

UEFA meluncurkan penyelidikan disipliner terhadap Asosiasi Sepak Bola Serbia (FSS) atas dugaan perilaku tidak pantas yang dilakukan suporter Serbia setelah pertandingan Euro 2024 melawan Inggris.

“Tuduhan terhadap FSS termasuk melempar benda dan menyebarkan pesan provokatif yang tidak pantas untuk acara olahraga,” kata UEFA pada Selasa (18/6/2024).

Dilansir dari Antara, Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA atau CEDB akan memutuskan masalah itu pada waktunya.

Sementara itu, pihak Kosovo dan Serbia saling mengajukan keluhan kepada UEFA pada pertandingan yang sama. Serbia menyatakan, seorang jurnalis Kosovo diduga membuat tanda nasionalis Albania, sementara Federasi Sepak Bola Kosovo (FFK) mengeluhkan apa yang disebutnya pesan rasis dari penggemar Serbia.

“Pendukung Serbia mengibarkan bendera, slogan dan nyanyian… dengan pesan politik, chauvinistik dan rasis terhadap Kosovo,” kata pernyataan FFK.

“Penyampaian pesan-pesan seperti itu tanpa hambatan… di acara besar seperti Euro 2024 tidak masuk akal dan tidak masuk akal,” imbuhnya.

FFK menyerukan tindakan disipliner yang ketat terhadap rekannya di Serbia, dan menyebutnya sebagai pelanggar berulang.

Pihak Kosovo maupun Serbia mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi sebelum dan selama pertandingan Euro 2024 antara Serbia dan Inggris pada Minggu (15/6/2024), yang dimenangkan Inggris dengan skor 1-0.

Hubungan antara dua negara tetangga Balkan ini sangat tegang dan ketegangan sering kali meluas ke dunia olahraga. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
36o
Kurs