Sabtu, 13 Juli 2024

Euro 2024: Spanyol Hajar Kroasia, Italia Comeback Atas Albania

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Fabian Ruiz (kanan) merayakan golnya yang turut memenangkan Spanyol dalam laga melawan Kroasia di Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. Foto: Antara/ AFP

Spanyol sukses menanng meyakinkan dengan menghajar Kroasia tiga gol tanpa balas pada pertandingan Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB.

Melansir Antara, kemenangan La Furia Roja hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.

Kemenangan ini membuat Spanyol menempati peringkat pertama klasemen Grup B Euro 2024 dengan tiga poin dari saru pertandingan, sedangkan Kroasia menjadi juru kunci.

Kedua tim memperagakan permainan terbuka, namun Spanyol yang menciptakan peluang lebih dahulu lewat tendangan Alvaro Morata yang dimentahkan kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Spanyol mengakhiri kebuntuan setelah umpan terobosan Marc Cucurella dikonversi menjadi gol oleh tendangan Alvaro Morata pada menit 29.

Kemudian pada menit 32, Spanyol menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan Fabian Ruiz di dalam kotak penalti Kroasia.

Menjelang babak pertama berakhir, La Furia Roja menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat sontekan Dani Carvajal yang memanfaatkan umpan silang Yamine Lamal. Gol tersebut jadi yang terakhir dalam pertandingan ini, Spanyol keluar sebagai pemenang.

Sementara pada pertandingan lain, Italia menang tipis 2-1 atas Albania pada pertandingan Grup B Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu dini hari WIB.

Albania unggul kebih dulu lewat gol cepat Nadim Bajrami, tetapi Italia bangkit membalikkan keadaan berkat dua gol yang dilesakkan Alessandro Bastoni dan Nicolo Barella.

Italia kini menempati peringkat kedua klasemen Grup B dengan tiga poin dari satu pertandingan, sedangkan Albania menempati posisi ketiga.

Matteo Darmian, Riccardo Calafiori, Gianluigi Donnarumma, Mattia Zaccagni, Bryan Christante, Gianluca Scamacca, Giovanni Di Lorenzo dan Davide Frattesi merayakan kemenangan Italia dalam pertandingan Grup B Euro 2024 melawan Albania di Stadion BVB, Dortmund, Jerman, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. Foto: Antara/ AFP

Albania mencuri keunggulan pada menit ke-1 lewat gol Nadim Bajrami setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Italia. Gol Nedim Bajrami ini merupakan gol tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa.

Gli Azzurri akhirnya menyamakan kedudukan pada menit 11 setelah umpan silang Pellegrini disambut oleh Alessandro Bastoni dengan sundulan yang mengoyak jala gawang Albania yang dijaga Thomas Strakosha.

Lima menit setelah itu, Italia membalikkan keadaan lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Nicolo Barella sehingga skor berubah 2-1.

Italia tak henti berusaha menambah keunggulan. Davidr Frattesi melepaskan tendangan, namun bola bisa dihalau Strakosha.

Pada babak kedua, tempo permainan cenderung menurun, tidak seperti pada babak pettama ketika tiga gol terciptas dalam kurun waktu 15 menit. Italia tetap mendominasi penguasaan bola, namun tak mampu menciptakan peluang berbahaya.

Tak ada gol tambahan tercipta, Italia keluar sebagai pemenang dalam pertandingan ini. Pada pertandingan kedua Grup B, Italia akan menghadapi Spanyol, sedangkan Albania berjumpa Kroasia. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
23o
Kurs