Senin, 17 Juni 2024

Southampton Kembali ke Liga Primer Usai Kalahkan Leeds United 1-0

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Southampton merayakan gol semata wayang yang dicetak Adam Amstrong untuk mengantarkan timnya kembali ke Liga Primer, Minggu (26/5/2024). Foto: Southampton

Southampton memastikan diri kembali ke Liga Primer Inggris musim depan setelah mengalahkan Leeds United dengan skor 1-0, pada final play-off promosi Divisi Championship di Stadion Wembley, London, Minggu (27/5/2024).

Kemenangan Soton hadir berkat gol semata wayang yang dicetak Adam Armstrong di babak pertama.

Southampton akan menjadi tim ketiga dari Divisi Championship yang promosi ke Liga Primer Inggris musim depan, setelah sebelumnya Leicester City dan Ipswich Town memastikan diri lolos melalui peringkat pertama dan kedua.

Melansir Antara, secara statistik pada pertandingan ini sebenarnya Leeds United mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola, namun Southampton mampu menciptakan satu-satunya gol.

Leeds mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang lewat tendangan Wilfried Gnonto yang masih dapat diamankan kiper Soton Alex McCarthy.

Selanjutnya giliran Soton yang menciptakan peluang lewat tendangan bebas William Smallbone yang dapat diselamatkan kiper Leeds Illan Meslier.

Soton akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat gol Adam Armstrong setelah memanfaatkan umpan William Smallbone sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 24.

Armstrong mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan, akan tetapi kali ini upayanya dapat diamankan oleh Meslier.

Memasuki babak kedua, giliran Soton yang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun upaya yang sempat mereka lakukan belum membuahkan hasil.

Leeds sempat menciptakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan Daniel James yang masih membentur mistar gawang Soton.

Pada sisa waktu pertandingan, Leeds terus berupaya untuk setidaknya menyamakan kedudukan, akan tetapi Soton dapat mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang dibunyikan. (ant/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs