Rabu, 17 April 2024

Tim Bulutangkis Indonesia Jalani Latihan Jelang French Open 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jelang French Open 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Langsung Jalani Latihan Tim bulu tangkis Indonesia saat menjalani sesi jogging ringan di lapangan terbuka yang terletak di tempat training camp di Chateau de Maffliers, Prancis, Kamis (29/2/2024). Foto: HO/PP PBSI.

Tim bulutangkis Indonesia langsung menjalani latihan menjelang turnamen French Open 2024 setibanya di Chambly, Prancis.

Dikutip Antara, dari keterangan resmi PP PBSI, Jumat (1/3/2024), latihan ringan ini bertujuan untuk mengembalikan otot-otot yang kaku serta menghindari jetlag akibat perjalanan panjang yang telah mereka lalui dari Jakarta ke Paris.

Tadinya latihan akan dilakukan di lapangan terbuka yang terletak di tempat training camp di Chateau de Maffliers. Namun, latihan terpaksa dipindah ke dalam ruangan karena hujan gerimis saat para atlet melakukan sesi jogging.

“Kita usai perjalanan panjang, ditotal dengan transit kurang lebih 20 jam, pasti kondisi badan kaku dan pegal. Latihan hari ini berfokus pada conditioning, jadi besok saat mulai masuk program latihan dalam rangka persiapan ke turnamen kondisinya sudah lebih baik,” kata Yansen Alpine Pelatih Fisik PP PBSI.

“Selain itu, latihan dipilih sebagai pengisi kegiatan untuk mengurangi efek jetlag yang melanda. Efek ini harus segera dihilangkan, jam tidur harus disesuaikan dengan jam di sini yang berbeda enam jam dengan Jakarta agar tidak mengganggu hari-hari ke depan,” tambahnya.

Dalam latihan ini, Yansen memberikan beberapa menu latihan seperti jogging dan gerakan multilateral.

“Latihan tidak yang terlalu berat, waktunya pun kurang dari satu jam. Anak-anak pun melakukan dengan serius tapi santai,” ujar Yansen.

Fajar Alfian Atlet ganda putra pun senada dengan sang pelatih. Ia dan atlet lainnya berkomitmen untuk langsung memulai latihan.

“Setelah berdiskusi dengan pelatih, kami sepakat untuk langsung melakukan latihan. Karena kalau diam saja di kamar pasti ngantuk dan itu harus dipaksa tidak tidur. Tidurnya nanti di malam hari sebagai penyesuaian jam,” kata Fajar.

“Tadi sedikit conditioning saja. Mulai jogging tapi karena hujan gerimis kami pindah ke dalam ruangan untuk latihan kelincahan,” ujarnya menambahkan.

Adapun tim bulu tangkis Indonesia melanjutkan sesi latihan tersebut dengan latihan teknik yang diadakan pada hari ini mulai pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, turnamen BWF Super 750 French Open 2024 bakal bergulir pada 5-10 Maret. (ant/sya)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs