Selasa, 21 Mei 2024

Timnas Indonesia Siap Kejutkan Irak dalam Laga Pertama di Piala Asia 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Shin Tae-yong pelatih dan Asnawi Mangkualam Bahar kapten Timnas Indonesia berbicara dalam konferensi pers sebelum laga melawan Irak, Minggu (14/1/2024). Foto: PSSI

Tim nasional (Timnas) Indonesia akan memulai kiprahnya di Piala Asia 2023 pada Senin (15/1/2024). Anak asuh Shin Tae-yong ini akan melawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan pada Senin pukul 21.30 WIB.

Dalam konferensi pers sebelum pertandingan pada Minggu (14/1/2024), Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia yakin anak asuhnya bisa memberi perlawanan kepada Irak.

“Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu, dan saya harus mengakuinya,” kata Shin Tae-yong.

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sementara itu, Indonesia ada di posisi 146.

Selain itu, pada pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra pada 16 November 2023, Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Meski dibayangi rekor yang kurang apik, Shin Tae-yong tetap yakin Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan bisa memainkan performa terbaik di laga Senin malam

“Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia). Tim kami masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri,” jabar nakhoda asal Korea Selatan itu. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
29o
Kurs