Kamis, 25 Juli 2024

Timnas Indonesia Vs Irak 0-2, Jordi Amat Kartu Merah, Ernando Bikin Blunder

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Para pemain Irak merayakan gol petamanya yang dicetak Aymen Hussein (tiga dari kanan) pada menit ke-54. Foto: IFA Para pemain Irak merayakan gol petamanya yang dicetak Aymen Hussein (tiga dari kanan) pada menit ke-54. Foto: IFA

Tim nasional (Timnas) Indonesia kalah 0-2 saat berjumpa Irak dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024) sore.

Dalam pertandingan yang dipimpin oleh Shaun Evans wasit asal Australia itu, Timnas Indonesia tampil bagus pada paruh pertama. Berbagai kesempatan untuk mencetak gol berhasil dikreasi.

Hanya saja, penyelesaian akhir menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan oleh Shin Tae-yong nakhoda Timnas Indonesia. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Permainan Irak berubah pada paruh kedua. Mereka tampil lebih agresif dan berani menekan pertahanan sang tuan rumah.

Gol pun diraih pada menit ke-54 melalui eksekusi penalti Aymen Hussein. Wasit menunjuk titik putih setelah Justin Hubner melakukan handsball di kota terlarang.

Bencana untuk Timnas Indonesia berlanjut pada menit ke-59. Kala Jordi Amat kapten tim mendapatkan kartu merah langsung usai melakukan pelanggaran kepada pemain Irak.

Tampil dengan sepuluh orang membuat Shin Tae-yong melakukan perombakan. Ia memasukkan Ivar Jenner, Pratama Arhan, dan Asnawi Mangkualam Bahar.

Namun Timnas Indonesia kembali dihukum penalti pada menit ke-73. Kali ini gara-gara Ernando yang melakukan foul di kotak terlarang. Beruntung eksekusi Aymen Hussein melambung di atas mistar.

Adalah Ali Jasim yang memastikan kemenangan Irak di pertandingan ini. Golnya pada menit ke-87 membawa tim tamu mengamankan tiga angka dari Jakarta.

Gol Ali Jasim berawal dari back pass Asnawi kepada Ernando. Kiper Persebaya Surabaya tersebut terlalu lama bermain dengan bola sehingga bisa direbut pemain Irak. Skor 2-0 untuk kemenangan Irak bertahan hingga bubar laga.

Meski kalah, kans Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih belum tertutup. Syaratnya, Timnas Indonesia harus mengalahkan Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024) malam. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs