Jumat, 17 Mei 2024

Timnas U-23 Dikalahkan Irak dan Gagal Lolos Langsung ke Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sepakan mendatar Ivar Jenner berbuah gol untuk Timnas U-23 Indonesia dalam laga melawan Irak di Piala Asia U-23 2024. Foto: AFP

Tim nasional (Timnas) U-23 Indonesia gagal lolos langsung ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Tim polesan Shin Tae-yong ini dikalahkan Irak dengan skor 1-2 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Jumat (3/5/2024) dini hari.

Babak pertama dimulai dengan peluang Irak pada keenam melalui sepakan tepat sasaran Muntadher Mohammed. Beruntung bola berhasil diamankan Ernando Ari Sutaryadi kiper Timnas U-23.

Gawang Timnas U-23 kembali terancam pada menit ke-16. Kali ini Ernando berhasil mengantisipasi tembakan on target Nihad Mohammed.

Timnas U-23 unggul lebih dulu melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19. Tendangan mendatar Jenner dari luar kota penalti, gagal diselamatkan Hussein Hasan kiper Irak.

Namun keunggulan Garuda Muda tidak bertahan lama. Sebab Irak berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Zaid Tahseen pada menit ke-27. Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda pertandingan.

Timnas U-23 tampil dominan pada awal paruh kedua. Mereka memberi tekanan hebat ke pertahanan Irak. Meski demikian, Garuda Muda tak mampu membongkar pertahanan Irak hingga memasuki menit ke-70.

Selepas itu, Jeam Kelly Sroyer hampir mencetak gol pada menit ke-72. Akan tetapi, tendangan volinya belum tepat sasaran.

Irak hampir mencetak gol pada menit ke-73, saat Ernando Ari keluar dari sarangnya. Beruntung tendangan Nihad Muhammad berhasil disapu bersih Nathan Tjoe-A-on tepat di mulut gawang.

Timnas U-23 hampir unggul tepat menit ke-82. Sayang umpan cantik Rafael Struick gagal dimaksimalkan Witan Sulaeman sehingga diamankan kiper Irak.

Irak hampir menjebol gawang Timnas U-23 melalui tandukan Zaid Tahseen pada masa injury time babak kedua. Akan tetapi, bola masih melambung tipis di atas mistar.

Skor 1-1 bertahan hingga berakhirnya waktu normal. Pertandingan pun berlanjut ke babak extra time.

Dalam babak extra time tersebut, Irak berbalik unggul 2-1 melalui tembakan keras Ali Jasim pada menit ke-96.

Timnas U-23 sebenarnya sudah berupaya sangat keras untuk mengejar ketertinggalan. Namun skor 2-1 untuk kemenangan Irak bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Irak menemani Jepang dan Uzbekistan yang sudah terlebih dulu lolos langsung ke Paris. Sedangkan Timnas U-23 Indonesia harus melalui laga AFC–CAF play-off melawan Guinea, Kamis (9/5/2025) di INF Clairefontaine, Prancis. (saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version