Kamis, 25 Juli 2024

UEFA Bakal Perketat Pengamanan Usai Banyak Penonton Terobos Masuk Lapangan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pasukan berkuda kepolisian berpatroli di kawasan Reichstag, Berlin, Minggu (15/06/2024). Foto: Antara

UEFA akan meningkatkan keamanan sepanjang sisa jalannya Piala Eropa 2024 setelah penonton menerobos lapangan berusaha untuk melakukan swafoto dengan Cristiano Ronaldo megabintang Portugal.

Melansir Antara, Ronaldo sempat berfoto dengan seorang anak muda saat timnya menang 3-0 atas Turki pada pertandingan Grup F yang dimainkan di Dortmund pada, Sabtu (22/6/2024). Namun setelah itu, setidaknya lima orang penggemar lainnya berusaha untuk melakukan hal serupa.

“Keselamatan dan keamanan di stadion, di lapangan, dan fasilitas-fasilitas tim merupakan prioritas utama untuk UEFA,” demikian pernyataan UEFA kepada AFP.

“Sampai akhir (ajang) ini, pendekatan keselamatan tambahan akan diterapkan di stadion-stadion untuk memenuhi kebutuhan turnamen, dan untuk mencegah insiden-insiden serupa,” tambah UEFA.

Bahkan, seorang petugas keamanan terjatuh menimpa Goncalo Ramos penyerang PSG, saat berusaha mengejar penyusup lapangan yang berlari ke arah Ronaldo.

Roberto Martinez pelatih Portugal mengatakan merupakan suatu keberuntungan bahwa para penggemar yang berlari di lapangan hanya berusaha untuk mengambil foto.

“Itu layak mendapat perhatian karena hari ini kami beruntung niat para penggemar bagus,” kata Martinez.

“Itu akan menjadi momen yang sangat sulit jika niat-niat mereka keliru. Mungkin kami semestinya memberi pesan kepada para penggemar bahwa hal itu bukan merupakan sesuatu yang benar,” tambahnya.

UEFA mengatakan para penonton yang memasuki lapangan permainan akan dikeluarkan dari stadion, dilarang menyaksikan pertandingan-pertandingan berikutnya, dan menghadapi tuntutan kriminal karena melakukan aksi penerobosan.

Di sisi lain, Portugal lolos ke 16 besar sebagai juara Grup F setelah menang atas Turki. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
27o
Kurs