Selasa, 25 Juni 2024

Komisi VIII Kunjungi Tiga Provinsi di Masa Reses

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Komisi VIII DPR RI berencana melakukan kunjungan komisi ke tiga Provinsi, yaitu Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara. Kunjungan kerja komisi VIII akan dilaksanakan dari tanggal 7-12 Desember 2014.

Seluruh anggota komisi VIII dibagi ke dalam tiga kelompok dan berangkat ke tiga provinsi tersebut. Kunjungan kerja tersebut adalah bagian dari tugas komisi untuk melihat secara langsung implementasi program mitra kerja secara langsung di lapangan.

“Pemilihan ketiga provinsi itu berkenaan dengan isu aktual terkait komisi VIII. Di Maluku Utara, rombongan komisi VIII khususnya akan meneliti kasus tunggakan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk guru-guru agama. Selain itu, juga akan melihat penanganan bencana gempa yang baru-baru ini terjadi di sana. Begitu juga, melihat perkembangan IAIN di bawah Kemenag,” ujar Saleh Daulay ketua Komisi VIII DPR RI, di Jakarta, Sabtu (6/12/2014)

Saleh menjelaskan, kunjungan ke NTB difokuskan untuk melihat persoalan human trafficking yang belakangan marak terjadi di sana. Selain itu, juga akan dilihat dampak sosial terkait kenaikan BBM. Serta melihat efektivitas Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dalam menanggulangi dampak kenaikan BBM.

Sedangkan kunjungan ke Sumatera Utara difokuskan untuk melihat penanganan korban bencana Sinabung. Rombongan juga akan melihat perkembangan perubahan IAIN menjadi UIN Sumut. Selanjutnya, rombongan akan mengunjungi kelompok-kelompok masyarakat miskin yang perlu mendapatkan bantuan kompensasi BBM.

Secara umum, kata Saleh, kunjungan kerja ini akan menemui mitra kerja yang ada di daerah, termasuk yang ada di kabupaten/ kota. Dengan begitu, komisi VIII mendapatkan referensi langsung dalam menilai kinerja pemerintah. Referensi tersebut akan disampaikan kepada pemerintah sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kinerja mereka.(faz/ono/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs