Sabtu, 20 April 2024

Maju Lagi, Muhaimin Akan Rugikan PKB

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Ambisi Muhaimin Iskandar maju kembali menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Muktamar di Surabaya nanti, dinilai malah akan merugikan PKB lima tahun ke depan.

“Selama ini tokoh sentral PKB adalah Muhaimin. Ibaratnya pemilik modal atau saham di PKB adalah Muhaimin, kalau ini diteruskan akan merugikan,” kata Hariyadi, Pengamat Politik Universitas Airlangga Surabaya, Senin (25/8/2014).

Jika Muhaimin masih memimpin, dikawatirkan malah akan memunculkan sikap otoriter. Orang-orang yang tidak dikehenaki bisa jadi akan dipinggirkan.

Hariyadi mengakui, selama dipegang Muhaimin Iskandar memang banyak kemajuan di PKB, tapi ini sebenarnya tidak bisa terlepas dari Muhaimin sebagai menteri di kabinetnya.

“Kalau dia jadi menteri, tentu diuntungkan PKB. Tapi, bila tidak maka PKB bisa dirugikan bila masih saja menjadikan Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar,” katanya.

Oleh karena itu, Hariyadi menilai, peryataan para kiai yang tidak mendukung Muhaimin Iskandar maju lagi, merupakan peringatan keras bagi Muhaimin.

Pernyataan para kiai ini, tidak bisa dianggap remeh. Meski para kiai selama ini peranannya sangat tidak signifikan di tingkat struktural.

“PKB masih butuh kiai, bila kiai tidak diberi peran apalagi disepelekan bisa membahayakan posisi PKB sendiri,” kata dia. (fik/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs