Selasa, 30 April 2024

Soal Jumlah Menteri Jokowi, Ini Kata Muhaimin

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Muhaimin Iskandar (kiri), Ketua Umum DPP PKB. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa mengatakan jumlah menteri ideal di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla haruslah tetap seperti saat ini yaitu 30an menteri.

“Saya kira menyangkut postur menteri, PKB tetap mengusulkan 30an pos kementerian,” kata Muhaimin ketika ditemui di sela-sela pertemuan Majelis Permusyawaratan Wilayah PKB di Empire Palace, Surabaya, Sabtu (30/8/2014).

Karenanya, Muhaimin mengaku tetap akan mengusulkan pada Jokowi-JK untuk mempertahankan jumlah kementerian yang ada.

“Nanti akan dibahas pada September, termasuk orang-orangnya nanti pada September dibahas,” kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, di PKB sebenarnya banyak kader yang layak menduduki posisi menteri, tapi bukan porsi partainya untuk mengusulkan karena sepenuhnya bergantung pada Jokowi-JK. “Ya nanti September itu dibahas,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, terkait partai koalisi, Muhaimin tetap yakin beberapa partai politik akan segera bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-JK.

“Kami masih optimis, hingga saat ini yang sudah terang-terangan mengatakan oposisi kan Golkar, lainnya belum,” kata dia.

Menurut Muhaimin, saat ini seluruh partai pengusung Jokowi-JK juga mendapatkan tugas untuk melobi partai politik yang berada di kubu koalisi merah putih.

“Demokrat kita lobi, kalau tidak mau ya PAN, kalau tidak ya PPP, semua pokoknya kita dekati,” kata Muhaimin.

Dari beberapa parpol, Muhaimin lebih condong untuk melobi Demokrat karena partai ini hingga kini memang belum mutuskan apakah akan koalisi atau oposisi.

Selain itu, Muhaimin mengaku memiliki pengalaman baik dengan Demokrat. “Saya juga tahu persis baiknya Pak SBY, tau persis model cara kerja demokrat enak buat saya,” kata dia. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version