Rabu, 15 Mei 2024

Beberapa Politik Uang Temuan Bawaslu Jawa Timur

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur temukan beberapa politik uang selama proses pemilihan kepala daerah serantak kali ini.

“Ada tiga temuan besar yang saat ini sedang kami dalami,” kata Sri Sugeng, Komisioner Bawaslu Jawa Timur, Rabu (9/12/2015).

Temuan politik uang ini masing-masing terjadi di Gresik yang melibatkan tiga anggota KPPS yaitu dari TPS 6 dan TPS 4 Desan Karangturi.

Untuk kasus ini, sentra penegakan hukum terpadu (Sentra Gakumdu) juga telah bergerak dan memutuskan untuk mengganti tiga anggota KPPS tersebut.

Selain di Gresik, politik uang juga ditemukan di Ponorogo dimana salah satu tim pemenangan pasangan calon tertangkap tangan ketika membagikan uang Rp20 ribuan dengan barang bukti uang Rp1,8 juga yang ditaruh di dalam jok sepeda motor.

Di Kabupaten Kediri, politik uang juga ditemukan dan dilakukan oleh Pj Kepala Desa yang membagikan kaos dan uang.

“Seluruh temuan sedang kami dalami, jika terbukti pasti akan kami limpahkan kasus ini ke kepolisian,” kata Sri Sugeng.

Sementara itu di tempat terpisah, Soekarwo Gubernur Jawa Timur memastikan penyelenggaraan pilkada serentak kali ini secara umum berlangsung lancar dan aman.

“Yang jadi sorotan adalah Mojokerto, tapi Kapolda sudah memastikan akan menambah personel untuk mengamankan Mojokerto,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
32o
Kurs