Senin, 17 Juni 2024

DPR RI Gelar Konferensi Parlemen Asia Afrika

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Setya Novanto Ketua DPR RI (kanan). Foto: Faiz/Dok. suarasurabaya.net

DPR RI menggelar acara Konferensi Parlemen Asia Afrika di ruang paripurna utama, gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015) pagi ini.

Setya Novanto Ketua DPR RI, sejumlah delegasi parlemen dari negara-negara sahabat dari negara-negara Asia dan Afrika, sudah terkonfirmasi kesediaan kehadirannya. Selain pimpinan DPR, turut pula Joko Widodo Presiden yang akan melakukan penyambutan.

Setya menjelaskan, dalam acara ini Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke 6 akan bertindak sebagai pembicara utama (keynote speech). DPR berharap, acara peringatan 60 KAA ini dapat memberi kontribusi yang signifikan, untuk perbaikan keadaan dan perdamaian dunia yang nyata.

“Pembicara utama Bapak SBY dan ini akan jadi sesi yang menarik, acara ini akan menghasilkan sesuatu yang kami harapkan deklarasi forum parlemen new Asia Afrika yang mendukung kebijakan-kebijakan yang akan dihasilkan KAA oleh kepala-kepala negara,” ujar Setya.

Dia menjelaskan, dalam acara ini akan dibahas di antaranya tentang penghapusan kemiskinan, kesehatan, serta kerjasama di bidang perdagangan, infrastruktur, pertanian serta investasi bidang lain.

“Selain itu, pertemuan ini juga akan dibahas isu tentang perjuangan kemerdekaan bagi Negara Palestina,” ujarnya.

Saat ini, sebagian utusan dari Negara Asia dan Afrika sudah tiba di Kompleks Parlemen, Senayan. Sejumlah menteri di Kabinet Kerja juga sudah tampak hadir di lokasi.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs