Jumat, 10 Mei 2024

PAW Puan Maharani Tunggu Keputusan Presiden

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani. Foto: Antara

Winantuningtyastiti, Sekretaris Jenderal DPR memastikan proses Pengganti Antar Waktu (PAW) bagi Pramono Anung Wibowo dan Tjahjo Kumolo sebagai anggota DPR RI akan segera dilakukan.

“InsyaAllah pada Senin nanti ada pelantikan pengganti Pak Pramono Anung dan Tjahjo Kumolo,” kata Winantuningtyastiti, di gedung DPR RI, Sabtu (8/1/2016).

Sementara itu, mengenai pengganti Puan Maharani yang sudah 15 bulan rangkap jabatan dengan DPR RI, Winantuningtyastiti mengatakan jika DPR sudah menerima surat dari PDIP yang kemudian akan dilanjutkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyerahkan nama caleg dengan perolehan suara terbanyak setelah Puan.

Berdasarkan perolehan suara terbanyak, pengganti Puan seharusnya adalah Darmawan Prasojo, tapi caleg yang akrab disapa Darmo itu menolak karena sekarang sudah memiliki posisi di Kantor Staf Kepresidenan. “Dari KPU disampaikan bahwa nama itu (Darmo) sudah mengundurkan diri dan meminta nama berikutnya,” kata Winantuningtyastiti.

KPU sudah membalas surat DPR dengan menyertakan nama pengganti Puan. DPR lalu bersurat ke Presiden RI untuk meminta Keppres untuk pelantikan pengganti Puan. “Jadi penggantinya Puan belum bisa dilantik Senin, sehingga harus menunggu Keppres,” ujar dia.(jos/iss/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
27o
Kurs