Selasa, 7 Mei 2024

Presiden Singgung Soal Perombakan Kabinet

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Presiden Joko Widodo sempat menyinggung isu perombakan kabinet saat memberikan sambutan peringatan kematian tahunan (haul) Taufiq Kiemas mantan Ketua MPR RI.

Jokowi di kediaman Megawati Soekarnoputri pada Rabu (8/6/2016) petang berkelakar mengenai menteri-menteri asal PBNU dan Muhammadiyah.

“Saya ingin klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam-diam saya hitung ada enam, jadi NU ada. Muhammadiyah, karena Haedar nggak tanya, saya nggak menghitung. Saya jadi ingat reshuffle kalau begini,” kata Jokowi terkait pertanyaan Said Aqil Siradj Ketua PBNU mengenai menteri asal NU di Kabinet Kerja.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara haul Taufiq Kiemas bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada sekitar pukul 17.05 WIB mengenakan pakaian batik warna hitam cokelat.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi peran almarhum Taufiq Kemas sebagai tokoh yang menjembatani banyak konflik antar individu dan golongan.

“Kita kembali mengingat beliau yang selalu dengan ikhlas, dengan segala risiko, bisa kita lihat banyak sekali konflik individu beliau selalu menjadi jembatan kembalinya antarindividu, antarlembaga yang telah berkonflik,” kata Jokowi.

Sejumlah pejabat negara yang terlihat hadir dalam acara tersebut antara lain Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri, Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM dan Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan.

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan, Rudiantara Menteri Kominfo, Jenderal Gatot Nurmantyo Panglima TNI serta Sutiyoso Kepala BIN dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet juga hadir dalam perhelatan itu.

Kemudian, Komjen Budi Gunawan Wakapolri dan Wiranto Ketua Umum Partai Hanura juga hadir pada sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain itu, Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta hadir dalam acara haul tersebut. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs