Jumat, 3 Mei 2024

Kiai Kampung se-Jatim Batal Dukung Khofifah

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Para kiai kampung berdoa bersama usai menggelar pertemuan di Surabaya, Sabtu (5/8/2017). Foto ; Taufik suarasurabaya.net

Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur memberikan dukungan kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam pemilihan gubernur 2018 mendatang. Dukungan ini mereka deklarasikan di Surabaya, Sabtu (5/8/2017) dan dihadiri sekitar 100 Kiai Kampung dari berbagai daerah di Surabaya.

KH Fahrurrozi (Gus Fahrur) koordinator Forum Komunikasi Kiai Kampung mengatakan, awalnya para kiai ini memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial untuk maju sebagai calon gubernur.

Pada Mei 2017 silam, para kiai kampung ini bahkan sempat mendeklarasikan diri mendukung Khofifah. Bahkan, mereka juga sempat ke Jakarta untuk menyerahkan surat dukungan ke Joko Widodo Presiden.

“Sejak bulan Rojab, kami mendukung Ibu Khofifah, tapi sejak saat itu kami melihat Ibu Khofifah tidak serius, selalu saja ketika kami tanya dia bilangnya sedang cek sound dan janji akan deklarasi maju pada bulan Ramadhan, kemudian mundur lebaran dan pada 31 Juli kemarin kataya daftar ke Demokrat, tapi juga batal,” kata Gus Fahrur.

Padahal, kata Gus Fahrur, para kiai kampung menginginkan Khofifah segera mendeklarasikan diri kemudian mundur dari menteri untuk ikut dalam pilgub. Jawa Timur yang sangat luas tidak bisa dijamah dengan cepat. Perlu waktu lama untuk melakukan sosialisasi.

“Selama ini katanya tetap cek sound. Artinya saat ini ibaratnya Ibu Khofifah itu baru mendatangkan tukang sound sistem, baru cek sound, sementara tamu undangannya masih belum ada,” kata Gus Fahrur.

Para kiai kampung, lantas berkumpul. Mereka juga bertanya pada para kiai kampung lainnya yang di Jawa Timur, menurut Gus Fahrur ada 12 ribuan kiai kampung. “Sudah kami tanya dan 97 persen kiai kampung mendukung Gus Ipul,” ujar pengasuh pesantren Cangaan Bangil, Pasuruan ini.

Terkait pengalihan dukungan ini, Gus Fahrur minta pada Khofifah agar istikhomah atau mempertahankan saja jatabannya sebagai Menteri Sosial. Sebagai salah satu kader terbaik NU, Gus Fahrur tidak ingin jika memaksakan diri maju dengan melepas jabatan sebagia menteri, Khofifah malah akan kalah karena saat ini pilgub sudah sangat dekat.

Sementara itu, deklarasi dukungan bagi cagub kali ini dihadiri ratusan kiai diantaranya KH Muhdor dari Sidogiri, Pasuruan; lantas KH Muhammad Al Jufri dari Bojonegoro; serta para kiai kampung dari puluhan pesantren se Jawa Timur.

Usai deklarasi, para kiai kampung ini mengaku akan segera membuka posko di seluruh pesantren yang mereka miliki. Posko ini nantinya akan bertugas menyampaikan visi dan misi calon yang mereka dukung. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs