Jumat, 29 Maret 2024

KPU Laporkan Pelaksanaan Pilkada 2018 ke Presiden

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Arief Budiman Ketua KPU RI. Foto: Antara

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 kepada Joko Widodo Presiden.

“Pertemuan KPU dan Presiden ini adalah tugas konsitusi yang merupakan perintah undang-undang untuk melaporkan tahapan pelaksanaan pilkada, pileg dan pilpres,” kata Arief Budiman Ketua KPU di lingkungan istana kepresidenan Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (11/07/2018).

Arief menemui Joko Widodo bersama dengan komisioner KPU lainnya Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asy`ari dan Virdan.

“Seluruh tahapan pilkada sudah dilaporkan termasuk tantangan mengenai data pemilih dan yang sedang berproses sengketa di MK, semua dilaporkan detailnya,” ungkap Arief.

Hingga hari ini sudah ada 163 daerah yang data rekapitulasi dan penetapan pemungutan suaranya diterima KPU, sehingga masih ada 8 kabupaten/kota yang belum diterima datanya. Satu daerah juga tercatat belum melakukan pemungutan suara, yakni Kabupaten Paniai, Papua.

Sedangkan mengenai sengketa pilkada, hingga Selasa (10/7), ada 28 perkara yang sudah masuk ke Mahkamah Konstitusi.

“Pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) sedang dilakukan persiapannya misalnya pemukhtahiran data pemilih, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), penyiapan proses pendaftaran bakal calon DPD, DPRD, DPRD tingkat provinsi dan DPDR tingkat kota/kabupaten serta pencalonan presiden dan cawapres,” jelas Arief.

Namun hingga hari ke-8 dibukannya pendaftaran caleg, belum ada satu parpol yang mendaftarkan calonnya untuk menjadi anggota DPR ke KPU.

“Harapan Presiden agar segera diserukan supaya mendaftar lebih awal. Mengenai menteri yang ingin mendaftar sebagai caleg tidak dibahas dalam pertemuan tadi tapi KPU menyampaikan untuk melakukan hal-hal sesuai yang diatur dalam ketentuan UU,” ungkap Arief.

Johan Budi Staf Khusus Kepresidenan bidang Komunikasi yang ikut dalam pertemuan tersebut mengatakan, bahwa hingga saat ini belum ada menteri dalam Kabinet Kerja yang menyampaikan keinginannya untuk maju dalam pileg 2019.

“Sampai hari ini, belum ada satu menteripun yang menyampaikan ke bapak presiden berkaitan dengan pencalonan di legislatif. Tadi disampaikan KPU sampai hari ini belum ada satupun yang mendaftar,” kata Johan. (ant/bas/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs